Cegah Stunting dari Usia Remaja

Cegah Stunting dari Usia Remaja

MARTAPURA, PALPOS.ID- Setelah melaksanakan sosialisasi kesehatan dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di OKU Selatan pada Senin (18/7). Kali ini, anggota DPR RI Komisi IX Irma Suryani Chaniago melakukan sosialisasi di OKI Timur, Selasa (19/7).

 

Dalam kesempatan itu, Irma Suryani Chaniago mengimbau kepada Ibu hamil supaya memperhatikan kesehatan kandungan dan rajin mengkonsumsi makanan bervitamin. "Perlu dikasih telur setengah matang, tahu tempe dan dikasih gizi yang cukup dan minum vitamin. Karena Ibu hamil sering kekurangan zat besi dan kekurangan darah," jelasnya.

 

Untuk Bapak-Bapak, juga harus rutin membawa istrinya ke Puskesmas untuk memeriksakan diri dan tumbuh kembang janin seperti apa.

 

Kepala Dinas PPKB OKU Timur, Hj Mutmainah MM menambahkan, stunting selama ini kesannya kecil dan pendek. Akan tetapi pendek belum tentu stunting. "Karena ciri khas juga ada pendek, lincah, pintar, cerdas itu bukan merupakan ciri stunting," terangnya.

 

Akan tetapi, stunting memang pendek dan kecil tetapi ada syarat-syarat tertentu kurang sempurnah. "Mungkin agak bodoh, lambat berfikir dan kurang lincah," terangnya lagi.

 

Untuk memberantas stunting ini, pihaknya pun punya Kader di Desa yaitu tiga orang Kader sebagai pendamping keluarga dalam penanggulangan pencegahan stunting. Diantaranya bidan desa, Ibu Ketua PKK desa dan Kader KB. 

 

Koordinato Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel, Drs Dharma Wijaya MM mengaku dari remaja putra-putri yang mau menikah sudah didampingi dan disampaikan informasi tentang rumah tangga sehingga diharapkan nantinya mempunyai anak yang berkualitas. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: