Sekda Ajak Perusahaan Manfaatkan Fasilitas MCU

Sekda Ajak Perusahaan Manfaatkan Fasilitas MCU

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Sebanyak 67 perusahaan ikuti sosialisasi kerjasama pemeriksaan Medical Check Up (MCU) yang diselenggarakan oleh RSUD dr HM Rabain, di gedung serba guna (GSG) HM Rabain, Muara Enim, Kamis (21/7).

Medical check up tersebut merupakan rangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui status kesehatan secara menyeluruh. Pemeriksaan kesehatan ini sangat penting dilakukan semua orang termasuk kalangan karyawan atau pekerja sebagai upaya untuk mengetahui status kesehatannya.

Untuk itu, Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Muara Enim H Riswandar SH MH, mengajak seluruh perusahaan di Kabupaten Muara Enim mendukung pembangunan daerah, dengan memanfaatkan fasilitas Medical Check Up (MCU) milik RSUD Dr HM Rabain.

 “Fasilitas MCU yang disediakan RSUD. Selain memiliki peralatan lengkap dan canggih, juga mempunyai tenaga Dokter Spesialis Okupasi,” ajak Riswandar saat membuka sosialisasi Kerjasama Medical Check Up yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna RSUD Dr HM Rabain Muara Enim.

Dalam kegiatan sosialiasi tersebut, pihak rumah sakit mengundang perwakilan perusahaan yang beroperasi diwilayah Kabupaten Muara Enim.

Pada kesempatan itu, Pj Sekda mengatakan RSUD Dr HM Rabain terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, termasuk layanan bagi pekerja dan karyawan dalam melakukan pemeriksaan kesehatannya.

Untuk itu, dirinya mengajak perusahaan melakukan pemeriksaan kesehatan karyawan atau pekerjanya secara rutin ke MCU RUSD Dr HM Rabain. Selain akan mendapatkan hasil pemerikaan yang akurat dan maksimal, memanfaatkan fasilitas MCU, juga mendukung pembangunan daerah khususnya pengembangan rumah sakit.

“Dengan demikian, RSUD Dr HM Rabain dapat meningkatkan kembali kualitas dan pelayanan medis kepada masyarakat Bumi Serasan Sekundang,” tutup Riswandar.

Sementara itu, Direktur RSUD HM Rabain, dr Alfurqon SpM, mengatakan, kegiatan ini upaya mensosialisasikan pelayanan pemeriksaan MCU yang dimiliki oleh RSUD HM Rabain kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Diakuinya, RSUD HM Rabain sudah memiliki MCU terpadu dengan pelayanan yang sudah lengkap yang terletak di gedung lama lantai 1.

“Semua sudah terpadu disana, baik pemeriksaan laboratorium dan radiologinya, lengkap. untuk harga tentunya akan bersaing dengan rumah sakit lainnya yang ada di kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Lanjutnya, yang paling penting adalah disana ada dokter spesialis Okupasi, yang mana dokter tersebut memiliki kompetensi untuk menentukan, salah satunya adalah layak atau tidak karyawan tersebut untuk bekerja.

“Jadi kami ingin memberikan pemahaman, bahwasanya hal-hal semacam itu biasanya menyebabkan terjadinya kesalahpahaman antara karyawan dengan dokter dan perusahaan itu sendiri,” ungkapnya.

Jadi pelayanan MCU terpadu ini, sudah berjalan kurang lebih satu tahun, namun sebelumnya pelayanan dilakukan melalui tiap-tiap poly, saat ini semua terpusat di satu tempat.

“Intinya untuk saat ini, karyawan yang melakukan MCU sudah tidak repot lagi, karena sudah fokus di satu tempat, hal ini tentu merupakan upaya mempermudah urusan MCU, harapannya semoga kerjasama dapat terjalin dengan baik antara RS dengan perusahaan, untuk fasilitas MCU,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: