Dinkes OKU Ingatkan Warga Agar Tetap Disiplin Prokes

Dinkes OKU Ingatkan Warga Agar Tetap Disiplin Prokes

Kabid P2P Dinkes OKU, Andi Prapto.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meminta warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Saat ini di OKU muncul kembali kasus positif COVID-19," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan  (P2P) Dinkes OKU, Andi Prapto, Rabu (27/7).

BACA JUGA:Pertamina Jamin Stok BBM di SPBU OKU Aman

Menurut dia, munculnya kasus baru tersebut disebabkan beberapa faktor, salah satunya prokes 5 M yang saat ini mulai kendor.

Sejak Kabupaten OKU zero COVID-19, kata dia, sebagian besar warga di daerah itu mulai mengabaikan prokes seperti tidak memakai masker saat berada di ruang terbuka.

"Hal inilah yang memicu COVID-19 kembali menyebar di OKU. Oleh sebab itu masyarakat jangan kendor menerapkan prokes," kata dia.

Selain itu, bagi warga yang belum mengikuti vaksinasi penguat diminta segera ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat guna divaksin dosis ketiga agar penyebaran virus corona dapat dikendalikan.

BACA JUGA:Kabupaten OKU Berada Dilevel Siaga Bencana Alam

Berdasarkan data per 26 Juli 2022 jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten OKU tercatat sebanyak 1.178 orang, sembuh 1.068 orang, meninggal dunia 110 orang dan kasus aktif sebanyak dua pasien yang kini masih menjalani perawatan di RSMH Palembang akibat terpapar virus corona.

Sedangkan, untuk cakupan program vaksinasi hingga periode tersebut secara keseluruhan mencapai 93,94 persen untuk dosis pertama dari 269.955 target sasaran.

Untuk realisasi vaksin dosis kedua tercatat sebanyak 209.079 jiwa atau 77,5 persen. Sedangkan dosis ketiga masih sangat rendah yaitu baru 13,7 persen. "Ayo kita lawan Corona dengan mematuhi prokes dan divaksin hingga dosis ketiga," ujar Andi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: