Masyarakat Palembang Antusias Menyaksikan Lomba Perahu Hias di BKB

Masyarakat Palembang Antusias Menyaksikan Lomba Perahu Hias di BKB

Salah Satu Perahu Hias Yang Sedang Berlalu Lalang di Sungai Musi, Sabtu (20/08).-Palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kemeriahan HUT RI yang ke-77 masih berlanjut hingga kemarin, Sabtu (20/08). Lomba perahu hias menjadi salah satu acara yang memeriahkan hari kemerdekaan.

Acara yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Palembang tersebut juga membuat pelataran Benteng Kuti Besak (BKB) pada, Sabtu (20/8) dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan lomba perahu hias.

Peserta Lomba Perahu Hias tersebut diikuti oleh seluruh OPD Kabupaten Kota, BUMN dan BUMD di Sumatera Selatan.

Dalam hal ini ada sebanyak 30 perahu hias yang tampil berlalu lalang di atas sungai musi untuk dinilai para juri. Dengan bermacam-macam bentuk dan keunikannya sendiri.

“Parade Perahu Hias ini merupakan salah satu tradisi perayaan Kemerdekaan di Kota Palembang yang memang sudah sering dilaksanakan sejak dulu. Sehingga tradisi ini jangan sampai hilang, anak cucu jangan sampai tidak mengenal Perahu Hias dan Bidar Tradisional ini," ujar Harnojoyo, Walikota Palembang saat diwawancarai langsung.

Harno mengatakan, jika Covid di Palembang sudah cukup aman untuk saat ini, sehingga kegiatan besar untuk mengundang masyarakat ramai sudah boleh dilakukan.

"Tradisi ini perlu kita bangkitkan lagi setelah 2 tahun pandemi, terbukti antusias masyarakat Palembang yang amat tinggi untuk melihat parade ini. Satu lagi besok ada bidar, ini pasti yang paling ditunggu,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga Sutila mengungkapkan jika sangat antusias saat mengetahui acara lomba perahu hias dan bidar.

“Hari ini (Kemarin) saya ajak tetangga saya datang untuk nonton lomba perahu hias, kami berdelapan antusias karenakan memang sudsh lama ga ada acara kayak gini di Palembang sejak Covid. Besok renacananya mau balik lagi kesini karenakan ada bidar, sebenarnya itu yang ditunggu-tunggu,” tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: