Saat Isi BBM Pertalite di SPBU Motor Andre Terbakar

Saat Isi BBM Pertalite di SPBU Motor Andre Terbakar

Sepeda motor terbakar saat mengisi Pertalite di Kabupaten Musi Rawas, Sabtu (10/09). -Palpos.id-dok.sumeks.co

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Belum diketahui penyebabnya, sepeda motor Thunder warna hitam dalam keadaan mati, malah timbul api.

Berbarengan dengan itu, petugas pengisian di SPBU PT Winasta Caroline, memasukkan nozel ke tangki motor.

Akibatnya tentu saja terjadi kebakaran di SPBU yang berada di Jalan Lintas Sekayu-Lubuklinggau, Desa Lubuk Rumbai, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Kebakaran SPBU itu terjadi Sabtu, 10 September 2022, sekitar pukul 15.30 WIB. Dan kebakaran itu sempat buat heboh pengendara lain yang juga isi BBM.

BACA JUGA:Kebakaran di OKU Selatan, 3 Rumah Ludes, 1 Rusak Ringan, Kerugian Capai Rp500 Juta

Beruntung kebakaran itu tidak begitu besar, karena pengendara lain membantu Andre mengangkat sepeda motornya untuk menjadi dari SPBU.

Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kapolsek Muara Kelingi, AKP Hendrawan, membenarkan kejadian tersebut, dikonfirmasi wartawan, Minggu 11 September 2022.

Menurut Hendrawan, begitu mendapat kabar kebakaran tersebut, anggotanya langsung menuju lokasi kejadian.

"Kebakaran tersebut terjadi di pompa 02 Pertalite SPBU. Saat sepeda motor isi Pertalite," kata Kapolsek.

BACA JUGA:Kebakaran di OKU, Dua Anak Joni Nyaris Terpanggang

Hendrawan menjelaskan, kejadia bermula saat petugas pengisian Pertalite SPBU, Bambang, melayani konsumen Andre, yang menggunakan sepeda motor jenis Thunder warna hitam dan motor dalam keadaan mati.

Pada saat memasukan Nozel ke tangki sepeda motor, tiba-tiba Bambang melihat api muncul dari tangki sepeda motor tersebut milik Andre.

Kemudian Bambang mencabut nozel, semenatara Andre mendorong sepeda motor, dibantu warga lain.

"Namun sepeda motor tersebut terguling, minyak dari tangki sepeda motor tumpah sehingga api membesar," jelas Kapolsek lagi.

BACA JUGA:Lakalantas, Minyak Tumpah Sebabkan Kebakaran Rumah Warga Kabupaten Muba

Melihat api tersebut, kemudian petugas SPBU dan petugas pengamanan SPBU mengambil Appar dan memadamkan api. Sekitar 10 menit api berhasil dipadamkan dan pendinginan.

Keterangan Bambang dan petugas pengamanan, bahwa pada saat kejadian tidak ada antrian di pompa 02 Pertalite.

Hanya ada beberapa sepeda motor dan direncanakan akan tutup selesai melakukan pelayanan kepada pengantre.

"Tidak ada korban, kerugian materil berupa pompa 02 Pertalite terbakar berupa stiker dan papan tombol dan sepeda motor Andre pada jok dan sepakbor," katanya.

BACA JUGA:20 Kasus Kebakaran, Wawako Palembang Imbau Warga Waspada

Hendrawan mengatakan tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa tersebut. Api diduga berasal dari konsleting listrik pada sepada motor Andre.

Guna mencegah kejadian serupa, perlunya petugas SPBU untuk menghimbau atau memberi peringatkan kepada konsumen agar dalam mengantri untuk mematuhi peraturan berada di SPBU.

"Seperti mematikan mesin kendaraan, tidak membawa korek api, tidak menyalakan ponsel, maupun sarana yang dapat menimbulkan api ataupun listrik," pungkasnya. (*)

Berita ini sudah terbit di Sumeks.co (Grup Palpos.id), dengan judul: https://sumeks.disway.id/read/644910/sepeda-motor-terbakar-saat-mengisi-pertalite-di-spbu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co