Kampung Tertib Lalu Lintas di Ogan Ilir jadi Model dan Ikon serta Sarana Edukasi

Kampung Tertib Lalu Lintas di Ogan Ilir jadi Model dan Ikon serta Sarana Edukasi

Simulasi kecelakaan saat dilakukan peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas di Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (15/09).-Palpos.id-

INDRALAYA, PALPOS.ID -  Kampung Tertib Lalu Lintas diharapkan jadi role model, ikon dan sarana edukasi kepada masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat lebih mawas diri, bertanggung jawab dan tertib dalam berkendara.

Demikian diungkapkan Direktur Kamsel Ditlantas Polri, Brigjen Pol Prof DR Chrisynanda Dwilaksana, saat peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas di Jalan Muhajirin, Kelurahan Indralaya Raya, Kabupaten OI, Kamis 15 September 2022.

"Ini adalah upaya untuk membuat suatu ikonik, suatu tanda agar suatu saat kelak diharapkan warga kampung ini dapat menularkan dan punya budaya malu dalam berkendara. Sebaliknya memiliki budaya bangga ketika tertib berlalu lintas," bebernya.

BACA JUGA:Menjijikkan, Pria di Ogan Ilir Ini Diduga Onani di Atas Motor Pinggir Jalan

Crisynanda mengungkapkan, bahwa masalah terbesar berlalu lintas adalah masalah pelanggaran.

Sehingga menyebabkan kecelakaan yang mengakibatkan luka ringgan hingga luka berat. Bahkan tak sedikit merenggut korban jiwa.

Sementara untuk target Kampung lalu lintas, Crisynanda mengatakan bahwa dirinya berharap agar semua daerah di Indonesia membuat hal yang sama agar banyak yang terselamatkan.

"Kalau ditanya terkait target maka saya ingin mengungkapkan berapa banyak jiwa yang harus kita selamatkan. Maka semua harus diselamatkan. Karena Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset yang paling berharga," terangnya.

BACA JUGA:Bacalon Kades di Ogan Ilir Ikuti Coaching Clinic Sebagai Seleksi Tambahan

Sementara Kasatlantas Polres OI, AKP Putu Eka Dhenda mengatakan pembangunan Kampung Tertib Lalu Lintas ini memakan waktu sekitar lima bulan.

Setelah dibangun, kedepan terkait operasional kampung tertib lalu lintas diambil dari warga setempat.

"Operasional kita ambil dari warga setempat. Entah itu berupa siskamling atau ronda malam. Yang jelas dari kita sudah memfasilitasi," terangnya.

Namun, ungkap Dhenda pihaknya tak begitu saja lepas tanggung jawab. Dirinya akan menempatkan anggotanya.

BACA JUGA:Perdana, Bapenda Ogan Ilir Launching Pembayaran PBB-P2 2022 Pakai QRIS BSB

Dan akan dijadwalkan dalam giat mingguan, bahkan bulanan yang diagendakan di tempat tersebut.

"Memang Kampung Tertib ini merupakan sarana edukasi berlalu lintas sejak usia dini. Anak di bawah umur, bahkan mereka yang telah lanjut usia," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: