Ratusan Kucing dan Anjing di Sukajaya di Vaksin Rabies

Ratusan Kucing dan Anjing di Sukajaya di Vaksin Rabies

Petugas memberikan vaksin rabies di Kecamatan Sukarami, Kelurahan Sukajaya Palembang--

PALEMBANG,PALPOS.ID- Ratusan kucing dan anjing di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Kota Palembang disuntik vaksin rabies oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang.

Suntik vaksin rabies terhadap kucing dan anjing yang dilaksanakan di kediaman Ketua RT 50 RW 07 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami, Arwadi SH MH, Jumat (23/9) itu, dipimpin langsung, Fungsional medik ahli madya UPTD Puskeswan DPKP, drh Rosdia Satriani.

Fungsional medik ahli madya UPTD Puskeswan DPKP, drh Rosdia Satriani mengatakan, kegiatan dilakukan dalam rangka inisiasi Palembang Bebas rabies 2024. “Dalam rangka Palembang Bebas rabies 2024 dilakukan program three in one yaitu melakukan pendataan hewan penular rabies seperti kucing, anjing dan monyet,” ungkapnya.

Kemudian sambung Rosdia, pemasangan michrochip atau kartu identitas hewan pada hewan penular rabies selanjutnya pemberian vaksin rabies,” ujar perempuan yang penah bertugas di Dinas Peternakan Kabupaten OKU Timur ini.

Dikatakannya, pelaksanaan program sudah dimulai sejak awal Maret 2022. Dalam pelaksanaannya, bidang peternakan DPKP menerjunkan 4 tim yang terdiri dari dokter hewan, paramedik dan PPL (petugas penyuluh lapangan) yang dibagi pada 4-5 kecamatan.

“Untuk kecamatan sukarami ada 7 kelurahan dan baru 1 kelurahan yang di mulai yaitu pada hari ini (Jumat. 23/9) di Jalan Masjid Muhajirin RT 50 Kelurahan Sukajaya,” bebernya seraya mengatakan ada 95 ekor kucing dan 7 ekor anjing yang divaksin rabies.

Masih kata Rosdia, sebelum pelaksanaan pihaknya sudah berkoordinasi ke kecamatan. “Kegiatan dimulai setelah ada respon dari pihak kecamatan,” tuturnya seraya mengatakan timnya terdiri dari 7 orang yaitu 2 dokter hewan yakni drh Rosdia Satriani dan drh Jafrizal. Kemudian paramedik, Wido, Eka, Agus dan PPL yaitu Rismandona SP dan Yulita SP.

Sementara, Ketua RT 50 RW 07 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami, Arwadi SH MH mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah pemerintah dalam rangka mewujudkan Palembang Bebas rabies 2024.

“Kami sangat mendukung program ini, kami juga berharap program seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” tuturnya seraya mengatakan warga RT 50 cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut. “Tadi ada 95 ekor kucing dan 7 ekor anjing yang di vaksin rabies,” pungkasnya. (abu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: