BPS RI Puji Langkah Gubernur Sumsel Sinergikan GSMP dengan Program Desa Cantik

BPS RI Puji Langkah Gubernur Sumsel Sinergikan GSMP dengan Program Desa Cantik

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat launching Desa Cantik di Kabupaten OKU Timur, Rabu 28 September 2022.-Palpos.id-Humas Pemprov Sumsel

 MARTAPURA, PALPOS.ID - Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) hadir langsung pada Launching Progran Desa/Kelurahan Cinta Statistik (Cantik).

Launching disinergikan dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) di tingkat kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.

Kegiatan launching dilaksanakan di Rumah Adat (keraton) Desa Tanjung Raya, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Rabu 28 September 2022.

Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan, program desa cantik dilaunching  tersebut merupakan hasil diskusinya dengan Kepala BPS Provinsi Sumsel, DR Ir Zulkipli Msi, beberapa waktu sebelumnya.

BACA JUGA:Gubernur Deru Tinjau Kesiapan Lapangan Stadion Gelora Sriwijaya untuk Piala Dunia U20

"Kita dengar tadi begitu gamblangnya penjelasan dari pak deputi tentang pentingnya data untuk melakukan pembangunan. Karena Melalui pijakan data yang benar  akan dapat mengeluarkan kebijakan yang tepat," tegas Herman Deru.

Herman Deru menambahkan, Desa Cantik yang telah dilaunching tidak boleh hanya ceremonial saja. Melainkan juga harus menjadi suatu pemahaman akan pentingnya data dalam sebuah pembangunan.

"Saya harap Desa Cantik tidak hanya sekedar menjadi simbolik saja melainkan juga pekerjaan secara berkesinambungan dalam mewujudkan Sumsel satu data", tegas Herman Deru.

HD juga mengungkap bahwa launching Desa Cantik Se-Sumsel merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia yang melaunching secara menyeluruh pada level Kabupaten/kota.

BACA JUGA:Gubernur Deru Instruksikan Lindungi Hak Kekayaan Intelektual Sumsel

"Saya minta  program  desa cantik ini  dimanfaatkan untuk kebutuhan pembangunan desa. Semoga ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat", tandasnya.

Sementara itu Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI, Setianto, SE, M.Si menyampaikan bahwa urgensi dari pembangunan Indonesia secara adil dan merata telah disampaikan oleh Presiden RI pada peringatan hari sumpah pemuda yang lalu.

"Kondisi ini tentunya dengan penambahan target jumlah desa berkembang dan desa mandiri yg dapat kita capai pada tahun 2024 nanti,” terangnya.

‘’Dalam pencapaiannya BPS siap dan hadir untuk menjadi patner strategis dalam mencapai tujuan tersebut, salah satunya dengan Program Desa Cantik yang kita launching saat ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Gubernur Deru Ajak Semua Pihak Gencar Penyuluhan Penyalahgunaan Napza

Ia juga mengapresiasi atas inisiasi yang telah dilakukan Gubernur Sumsel dalam mendukungan Program Desa Cantik yang disinergikan dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). 

Menurutnya terobosan GSMP harus terus dipromosikan dan didorong untuk diketahui masyarakat agar mereka dapat merubah mindset sebagai konsumtif menjadi produktif.

"Jika GSMP ini diterapkan oleh seluruh masyarakat Sumsel maka tentunya ini akan memberikan dampak pada penurunan angka kemiskinan," ucapnya.

Selain itu ia juga mengatakan ketersedian data yang berkualitas merupakan sebuah urgensi dalam mencapai pembangunan yang berkualitas.

BACA JUGA:Gubernur Deru Buka Festival Sepakbola Usia Dini untuk Menjaring Atlet Terbaik Asal Sumsel

"Melalui terobosan Desa Cantik diharapkan desa mampu mengelola dan memanfaatkan data statistik dalam melakukan pembangunan desa dan diharapkan seluruh desa dapat menjalankan program Desa Cantik secara berkesinambungan serta dijalankan dengan kemampuan SDM yang harus terus ditingkatkan," ungkapnya.

Diharapkannya kapabilitas desa dapat meningkatkan kualitas data desa yang semakin berkualitas dan memanfatkan data statistik sebagai data utama dalam melakukan pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan desa.

Turut hadir Direktur Perencanaan Makro dan Analis Kementerian Bappenas RI, Eka Chandra Buana, SE., MA, Bupati OKU Timur, H. Lanosin Hamzah.

Kemudian, Kepala BPS Prov. Sumsel, DR. Ir. Zulkipli, M.Si, Wakil Bupati OKU Timur, H. M. Adi Nugraha Purna Yudha, Bupati Musi Rawas, Ratna Machmud.

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Launching BKS, Gubernur Deru Optimistis Ekonomi Sumsel Meningkat Signifikan

Selanjutnya, Para Kepala OPD Prov. Sumsel dan Para Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat Kabupaten OKU Timur. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pemprov sumsel