Gubernur Deru Ajak Semua Pihak Gencar Penyuluhan Penyalahgunaan Napza

Gubernur Deru Ajak Semua Pihak Gencar Penyuluhan Penyalahgunaan Napza

Gubernur Sumsel H Herman Deru, bersama Kajati Sumsel Sarjono Turin SH MH, saat peresmian Rumah Rehabilitasi Napza di Kabupaten OKI, Kamis (15/09). -Palpos.id-Humas Pemprov Sumsel

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi kerjasama Pemkab OKI dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, yang telah menghadirkan Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa di Kabupaten OKI. 

Gubernur Deru berharap keberadaan Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa itu dapat menjadi pelopor bagi kehadiran rumah rehabilitasi serupa di 17 kabupaten atau kota lainnya di Sumsel.

Hal itu diungkapkannya saat Ia menghadiri peresmian Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa, di Gedung Hotel Kembar, Kecamatan Teluk Gelam, Kamis 15 September 2022 siang. 

"Ancaman negara ini datang silih berganti. Tapi ancaman narkoba tidak pernah berganti dan selalu ada. Bahkan meracuni generasi muda kita,” ungkapnya.

BACA JUGA:Sinergi Pemkab dan Kejari OKI Resmikan Rumah Rehabilitasi Narkoba Pertama di Sumsel

‘’Karena itu Saya berharap UU yang menaungi masalah ini dapat lebih dinamis," ujarnya saat membuka sambutan. 

Selain itu, literasi hukum mengenai pelanggaraan dan penyalahgunaan Napza hendaknya lebih gencar disosialisasikan sebagai upaya pencegahan.

Apalagi Sumsel sebagai daerah yang didominasi perairan dengan anak sungai yang mencapai ratusan jumlahnya menjadi pintu masuk yang mudah bagi peredaran Napza. Belum lagi pelabuhan tikus dan lainnya. 

"Makanya untung sekali kita karena Pemkab OKI punya gagasan dan disambut Jaksa agung untuk membuat benteng terakhir berupa rumah rehabilitasi yang masih memungkinkan bagi korban untuk mendapatkan rehabilitasi," paparnya.

BACA JUGA:Kejari OKU Siapkan Rumah Rehabilitasi Narkoba

Hal ini menurutnya tentu butuh kolaborasi juga dengan  segala pihak lainnya termasuk, Kepolisian, BNN juga unsur Pengadilan. 

"Saya yakin pasti ini akan menjadi tren setter, dan ditiru kabupaten bahkan daerah lain. Dan kita bangga di Sumsel ada Kabupaten OKI yang pertama melakukan ini," jelasnya. 

Setelah peresmian ini Herman Deru berharap akan muncul rumah-rumah rehab. Meskipun belum ditiap kabupaten, setidaknya akan didorong keberadaan rumah rehabilitasi di lima zonasi daerah di Sumsel. 

"Walaupun belum per kabupaten/kota tapi paling tidak tidak kita bisa lakuka perzonasi. Kalau di Sumsel dibagi 5 zonasi Saya pikir ini akan lebih efektif," jelasnya. 

BACA JUGA:Kejari OKI Berikan RJ Kepada Pelaku KDRT

Iapun kembali menegaskan untuk.menghindari generasi yang rusak akibat Napza, Ia juga mengajak semua unsur kembali menghidupkan Kadarkum.

Meski merupakan gagasan lama, Kadarkum menurutnya  bermanfaat untuk meningkatkan literasi masyarakat soal hukum. 

"Termasuk masalah pelanggaran Napza. Kita tentu tidak ingin generasi jadi generasi yang tidak baik. Karena kita itu bisa membuat kita kehikangan bonus demografi di masa mendatang," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kajati Sumsel Sarjono Turin SH MH mengatakan, sasaran peredaran narkotika saat ini bukan hanya melanda kalangan usia produktif namun juga remaja. 

BACA JUGA:Parit Purnomo Jabat Kasi Pengelohan BB dan Rampasan Kejari OKI

Karena itu pihaknya sangat mengapresiasi kerja keras kedua belah pihak ini, yang mampu menghadirkan rumah rehabilitasi di lahan seluas 200 hektare. 

Saat ini kata Sarjono di Indonesia 75 persen lapas dipwnuhi oleh korban penyalahgunaan narkotika.

Bahkan saat dirinya keliling, Ia menyaksikan bahwa semua lapas mengalami overload. 

"Semua itu banyak diisi level pengguna, pengedar bahkan sampai pembuat. Kita miris dan prihatin," jelasnya. 

BACA JUGA:Kejari OKI Semakin Banyak Terima Perkara Asusila

Oleh karena itu pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dimotori Bupati OKI yang berinovasi menjadikan tempat penanganan Covid menjadi rumah rehabilitasi yang dapat difungsikan sesuai tujuannya yang sangat mulia. 

Setelah ini diresmikan, Sarjono menghimbau dan mempersilakan kepada masyarakat untuk menitipkan keluarganya yang termasuk dalam merupakan korban penyalahgunaan narkoba. 

"Silahkan dititip bisa melalui proses medis dan rekom untuk direhabilitasi," jelasnya. 

Supaya lebih maksimal, Ia juga mengajak semua stakeholder terkait untuk mensosialisasikan ini.

BACA JUGA:Pemkab OKI Remajakan 21 Ribu Hektare Kelapa Sawit Rakyat

Sehingga bagi daerah yang belum memiliki rumah rehabilitasi dapat memanfaatkan fasilitas ini. 

Sebagai rumah bersama Ia berharap Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa ini dijaga, dirawat dan ditumbuhkembangkan sehingga dampaknya akan benar-benar dirasakan masyarakat luas.

Sementara itu Bupati OKI, Iskandar SE mengatakan bahwa gedung ini cukup.lama terbengkalai.

Dan pihaknya sudah lama ingin menggunakan gedung ini agar lebuh bermanfaat secara maksimal. Karena itulah Ia berinisiasi memuat gedung ini menjadi rumah rehabilitasi. 

BACA JUGA:Jaga Ketahanan Pangan, Pemkab OKI Optimalkan Potensi Lahan Pertanian

Gedung ini dijelaskannya memiliki 2 bangunan dengan fasikitas sebanyak.26 kamar. Selain dilengkapi ruang konseling dan ruang detox, disediakan juga ruang rawat jalan bagi  mereka yang membutuhkan. 

"Kami siap menerima dari daerah luar. Kita upayakan ini berguna bagi masyarakat," kata Iskandar. 

Peresmian Gedung itu sendiri ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati OKI dan Kajati Sumsel yang disaksikan langsung Gubernur Herman Deru. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas oleh rombongan. 

Hadir dalam kesempatan tersebut yakni Kajati Sumsel, Sarjono Turin SH MH beserta Wakajati Sumsel, Nanang Ibrahim Soleh SH MH.

BACA JUGA:Benahi Birokrasi, Pemkab OKI Luncurkan Layanan Digital Kepegawaian

Kemudian, Anggota DPRD Sumsel Sri Sutandi, Dirresnarkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heru Agung Nugroho, Danlanan Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, dan Wakil Bupati OKI HM Dja’far Shodiq. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pemprov sumsel