Asam Pedas dan Segar Pindang Tulang Iga di Kedai Pasha Palembang

Asam Pedas dan Segar Pindang Tulang Iga di Kedai Pasha Palembang

Menu pindang di Kedai Pasha dengan rasa khas pindang Sumatera Selatan, Jumat 07 Oktober 2022. -Palpos.id-Humas Kedai Pasha

PALEMBANG, PALPOS.ID - Palembang bukan hanya tekenal dengan makanan olahan dari ikan yakni Pempek saja.

Namun, berbagai kuliner khas Palembang lainnya pun tak kalah enak. Seperti pindang yang juga sudah memiliki peminat dilidah pecinta kuliner.

Jenis pindangpun berbeda- beda kali ini Palpos.id akan mengupas tentang pindang tulang iga yang memiliki rasa khas pindang yakni asam, pedas dan juga segar.

Seperti yang ada di Kedai Pasha yang terletak di Jalan R Sukamto Kota Palembang.

Adapun bumbu- bumbu yang disajikan di untuk memasak pindang ulang iga. Tentunya, daging sapi iga secukupnya, cabe merah, bawang putih, bawang merah.

Kemudian, lengkuas, serai, nanas yang sudah dihaluskan ditambah gula pasir dan garam secukupnya.

Adapun pelengkap lainnya yang akan digunakan untuk sajian, seperti cabe, kemangi, daun bawang, daun jeruk, tomat. Dari bahan yang telah disediakan, cabai merah, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan serai dihaluskan menjadi satu.

"Kita masak airnya terlebih dulu, lalu kita masukan bumbu halus dan nanas yang sudah dihaluskan juga. Tunggu sampai agak mendidih sekitar 5 menit," ujar Ayu Pegawai Kedai Pasha, sambil mengaduk kuah pindang, Jumat 07 Oktober 2022.

Lanjutnya, setelah air mendidih, daging atau tulang iga dimasukan kedalam panci tersebut, tutup hingga rapat dan tunggu hingga daging terasa lembut.

"Sampai pindang tulang iga masak dan dagingnya lembut sekitar 30 menit ya. Dan daging yang kita pakai, itu daging premium," jelas dia sembari memasukan penyedap rasa, seperti garam dan gula pasir.

Ia menjelaskan, pindang tulang iga yang disajikan oleh Kedai Pasha berbeda dari yang lain.

Yang membedakannya, ialah saat masak tulang iga ada campuran nanas yang telah dihaluskan, supaya daging lebih terasa empuk.

"Kebanyakan orang masak pindang tulang iga gak pakai nanas halus, cuma pakai nanas untuk sajian saja," jelasnya lagi.

Setelah daging lembut, kemudian cicip rasanya, apa sudah pas atau belum. Jika masih kurang terasa, cukup tambahkan penyedap rasa saja.

"Saya sajikan ya, untuk percantik pindang ini, saya tambahkan, nanas yang dipotong dadu, daun bawang, tomat dan cabai rawit untuk yang suka pedas," terangnya.

Pindang tulang iga khas Kedai Pasha telah siap disantap. Cocok dimakan dengan nasi dan sambal buah mangga atau sambal terasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: