88 Sekolah di OKU Timur Ikuti Festival Literasi

88 Sekolah di OKU Timur Ikuti Festival Literasi

Bunda Literasi OKU Timur, dr. Sheila Noberta meninjau stand peserta.Foto:Ardi/Palpos.id--

MARTAPURA, PALPOS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur menggelar Kegiatan Perlombaan Literasi Bulan Bahasa (Festival Literasi) Zona 1 Wilayah Martapura. Kegiatan yang diselenggarakan ini melibatkan siswa pelajar sekolah tingkat dasar dan menengah pertama dari 5 kecamatan dengan 7 Literasi perlombaan.

 

Acara ini dibuka oleh Bunda Literasi OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. didampingi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kabid Dikdas Edi Subandi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dr. Sopian Hadi, S.E., M.M. dan para Kepala SD dan SMP dari 5 kecamatan.

 

Diketahui, lomba literasi bulan bahasa melibatkan siswa pelajar siswa SD dari 71 sekolah, sedangkan pelajar SMP negeri dan swasta sebanyak 17 Sekolah yang mengikutinya, kegiatan ini dipusatkan di halaman SD Neger 20 Martapura, Senin (10/10).

 

Ketua pelaksana perlombaan zona 1 Radiyana, S.Pd.sd. dalam laporannya mengatakan, perlombaan ini terdiri dari 7 lomba, yaitu literasi numerasi, literasi sains, literasi membaca tulis, literasi puisi musikal, literasi kuliner atau kerajinan, literasi film pendek atau digital, literasi kuliner barang bekas.

 

Sementara, Bunda Literasi dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. berharap, kegiatan ini mampu menumbuhkan minat anak-anak dalam berkarya dan memiliki minat baca dan tulis serta berhitung.

 

Dia mengaku, literasi paling tinggi setelah membaca yaitu bisa menulis, bisa berhitung, bisa memahami, bisa merangkum, memahami menganalisis dan literasi yang tertinggi adalah dari membaca memahami dan bisa menghasilkan suatu karya atau suatu produk baik itu barang jasa karakter soft skill.

 

''Nah itu kesemuanya didapatkan dari literasi membaca, contoh anak-anak membaca buku tentang membuat kue dan ilmunya dapat diaplikasikan dengan ditetapkannya banyak hal bisa dilakukan dari hasil mereka membaca'' ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: