Kasus Gagal Ginjal Belum Ada di OKU

Kasus Gagal Ginjal Belum Ada di OKU

Plt Kepala Dinas Kesehatan OKU Rozali.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA,PALPOS.ID- Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes OKU, Rozali mengatakan sampai hari ini pihaknya belum menemukan kasus gagal ginjal di Bumi Sebimbing Sekundang.

 

Kendati demikian lanjut dia, guna menyikapi masalah ini pihaknya sudah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh apotik untuk tidak menjual dan menyerahkan obat sirup atau obat sediaan cair. 

 

"Surat imbauan itu disampaikan untuk seluruh sarana Kefarmasian seperti Apotek, toko obat, puskesmas dan instalasi kefarmasian/kilini yang ada di OKu untuk tidak melakukam penjualan atau penyerahan obat sirup/bentuk sediaamln cair yang mengandung Ethyelen Glycol-EG, Diethylene Glycol-DEG dan Glycol Ether-EGBE," kata Rozali, Jumat (21/10).

 

Menurut dia, surat imbauan ini baru disebar hari ini setelah pihaknya menerima Surat Edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel yang menindak lanjuti dari Surat edaran Menteri Kesehatan RI.

 

Dijelaskan Rojali, surat imbauan ini dikeluarkan sambil menunggu hasil penelitian dari BPOM. "Sementara kita stop dulu sambil kita menunggu hasil penelitian BPOM," ujarnya. 

 

Ditanya soal jenis-jenis sirup itu, Rozali mengatakan belum bisa memastikan jenis-jenisnya, sebab BPOM masih meneliti hal tersebut.

 

Disinggung jika masih ada sara farmasi yang kedapatan menjual setelah adanya imbauan ini, Rozali mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum, yang pasti kita sudah melakukan imbauan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: