Anggota Tim TRC-PB Muratara Mengikuti Pelatihan Dasar Kebencanaan

Anggota Tim TRC-PB Muratara Mengikuti Pelatihan Dasar Kebencanaan

H Zainal Arifin Daud, Kepala BPBD Muratara.-Palpos.id-

MURATARA, PALPOS.ID - Untuk meingkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan kepada Tim Reaksi cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muratara, memberikan pelatihan pengembangan kapasitas kebencanaan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor BPBD dihadiri Sekda Muratara Elvandari, Kepala BPBD dan puluhan TRC-PB, Senin 24 Oktober 2022.

Kepala BPBD Muratara H Zainal Arifin Daud mengatakan pelatihan ini baru pertamakali diselenggarakan dimana peserta yang mengikuti sebanyak 27 orang terdiri dari 20 anggota Tim TRC-PB dan 7 orang relawan.

"Kegiatan ini diselenggarakan selama Empat hari dan pematerinya dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)," ujarnya.

BACA JUGA:BPBD Muba Ajak Semua Elemen Masyarakat Untuk Waspada dan Jaga Lingkungan

Ia menjelaskan tujuan dari pelatihan untuk memberikan pemahaman bagaimana cara kerja mereka dan meningkatkan ketrampilan anggota Tim TRC-PB Muratara.

"Mereka selama ini tidak ada berikan pelatihan dengan adanya pelatihan dimaksud agar mereka lebih memahi tata cara bagaimana cara menangani ketika ada kebakaran hutan dan bencana lainnya," jelasnya.

Ia berharap kepada peserta memang betul betul harus menyimak setiap apa yang disampaikan oleh pemateri dan jangan sampai nantinya tidak dapat apa apa.

"Jadi setiap ada bencana ilmu yang didapat bisa diterapkan dilapangan dan juga mereka sudah paham apa yang harus dikerjakan. Mungkin selama ini ada yang masihnkurang paham dan kedepan tidak lagi," harapnya.

BACA JUGA:BPK Temukan Kelebihan Bayar Dua Proyek TPT di BPBD OI

Menurutnya ini baru latihan dasar kedepan akan ada lagi latihan yang lebih meningkat lagi.

"Mereka bukan hanya diberikan materi saja, akan tetapi langsung praktek," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: