Ternyata Rebusan Kayu Manis Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Usir Jerawat

Ternyata Rebusan Kayu Manis Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Usir Jerawat

Rebusan kayu manis ternyata bisa membuat tubuh menjadi langsing dan mengusir jerawat--

PALEMBANG, PALPOS.ID- Pohon kayu manis merupakan tanaman asli dari Myanmar dengan bahasa latin cinnamomum aromaticum. Tanaman ini banyak dijumpai di daerah Jawa tengahm, seperti Kebumen, Baturaden dan Purwokerto.

Kayu manis sendiri merupakan rempah tertua yang pernah digunakan manusia. Kayu manis  sudah dikenal sejak 5 ribu tahun lalu.

Kayu manis memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Cara terbaik untuk mendapakan  manfaat kayu manis adalah dengan cara merebus kulitnya. Selain untuk bumbu masakan, kayu manis juga memiliki antioksidan dan antibiotik. 

1. Menurunkan Berat Badan

Rebusan kayu manis dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition ESPEN membuktikan bahwa rebusan kayu manis dapat menurunkan lemak di pinggang. Sehingga ukuran lingkar pinggang akan mengecil.

2. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Kayu manis dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Hal ini menunjukan bahwa air rebusan kayu manis dapat mengurangi munculnya penuaan dini pada kulit wajah.

3. Melawan Virus HIV

Manfaat rebusan kayu manis dan cengkeh juga dapat dirasakan oleh penderita HIV. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi menunjukan bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu melawan jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.

HIV merupakan salah satu virus yang menyerang sistem imun manusia. Baik kayu manis atau cengkeh kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Mengurangi Efek PCO

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) merupakan kelainan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista kecil di tepi luar. Menurut PCOS Awareness Association manfaat rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu  dapat membantu mengurangi efek PCOS. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan polifenol dan proanthocyanidins yang ada di dalam kayu manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: