Pemkab Muara Enim Cegah Faham Radikalisme dan Perkokoh Persatuan

Pemkab Muara Enim Cegah Faham Radikalisme dan Perkokoh Persatuan

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan kegiatan Dialog Pengutan Wawasan Kebangsaan tahun 2022, Selasa 22 November 2022.-Palpos.id-Diskominfo Muara Enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Dalam melakukan penguatan wawasan kebangsaan terhadap masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Pemkab Muara Enim melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan kegiatan Dialog Penguatan Wawasan Kebangsaan Tahun 2022.

Tujuannya untuk mencegah Faham Radikalisme serta Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Kegiatan Dialog Wawasan Kebangsaan itu berlangsung Selasa 22 November 2022, di Hotel Grand Zuri Muara Enim.

Dalam kegiatan dialog tersebut hadir Dandim 0404 Muara Enim, perwakilan OPD di lingkup Pemkab Muara Enim dengan peserta Ormas, OKP, BPD, dan Pemerintah Desa di kecamatan Muara Eim.

BACA JUGA:30 Nelayan Muara Enim Meriahkan Lomba ‘Njale Rambang’

Dimana pemateri dari Kesbangpol Provinsi Sumsel, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar,

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan yang diwakili Kaban Kesbangpol Muara Enim Drs Andy Wijaya, menyampaikan penguatan wawasan kebangsaan sangatlah dibutuhkan dalam situasi dan kondisi saat ini.

“Wawasan kebangsaan sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegera. Dimana perlunya pemahaman dan pendalaman akan ideologi bangsa dalam mencegah faham radikalisme yang dapat mengancam kesatuan dan persatuan bangsa,” ungkapya.

Lanjut, Andy wawasan kebangsaan adalah cara pandang diri bangsa dan lingkunhannya dalam menerapkan kehidupan berbangsa dan negara guna meningkatkan pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan.

BACA JUGA:Ramaikan Gebyar UMKM dan Pagelaran Seni Promosi Wisata Muara Enim

“Penguatan wawasan kebangsaan inj sangatlah perlu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama berkaitan dengan empat pilar kebangsaan.

Yaitu meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,”ujarnya.

Penanaman nilai-nilai sejak dini di lingkungan keluarga dan masyarakat guna menanamkan rasa cinta tanah air.

“Empat pilar harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan setiap masyarakat agar mampu berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara di landasi cinta tanah air.

BACA JUGA:Perayaan HUT Muara Enim Diundur Senin, Ada Apa Ya

Dan semoga dengan adanya dialog penguatan kebangsaan ini akan dapat bermanfaat dan diinflementasikan di masyarakat dan lingkungan sekitar dalam menanamkan pemahaman ideologi.

Dan pemahaman terhadap wawasan kebangsaan dalam mewujudkan Muara Enim Agamis, Berdayasaing, sehat, dan sejahterah,” pungkasnya. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo muara enim