BPBD OKU Pasang Rambu Peringatan Dini Bencana Alam

BPBD OKU Pasang Rambu Peringatan Dini Bencana Alam

Personel BPBD OKU memasang rambu peringatan dini waspada menghadapi potensi bencana alam di Kecamatan Muara Jaya.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu memasang rambu-rambu peringatan dini bencana alam di daerah rawan banjir dan tanah longsor di wilayah itu.

 

"Ada dua rambu yang dipasang yaitu peringatan bencana alam banjir dan tanah longsor," kata Manager Pusdalops BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Gunalfi, Jumat (25/11).

 

Ia menjelaskan, rambu-rambu peringatan dini bencana alam tersebut disebar di dua kecamatan, yaitu di Kecamatan Pengandonan dan Muara Jaya.

 

Dua kecamatan ini merupakan daerah rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten OKU yang terjadi hampir setiap tahun saat musim hujan karena berada di dataran tinggi dan dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan.

 

Oleh sebab itu, kata dia, rambu-rambu peringatan dini bencana alam tersebut perlu dipasang untuk mengedukasi masyarakat agar tetap waspada dan menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah di sungai yang dapat berpotensi menimbulkan bencana banjir.

 

"Cara ini dilakukan untuk menyikapi maraknya bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini seperti angin puting beliung yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten OKU sejak beberapa pekan terakhir," katanya.

 

Melalui pemasangan rambu tersebut masyarakat diminta agar selalu waspada dan siap siaga terhadap cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: