Ternyata Ini Penyebab Helikopter Polri Jatuh di Belitung Timur...

Ternyata Ini Penyebab Helikopter Polri Jatuh di Belitung Timur...

Helikopternya Jatuh, Polri Duga Cuaca Buruk Dan Gagal Naik Ke Ketinggian--Palpos.id-twitter @HumasMadina-

JAKARTA, PALPOS.ID – Helikopter jenis NBO dengan nomor registrasi P-1103 milik Polri, dikabarkan hilang kontak sejak Minggu 27 November 2022, sekitar pukul 14.00 WIB.

Helikopter itu diduga jatuh ke laut. Tepatnya di perairan Belitung Timur Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Sebelum jatuh, helikopter bertolak dari Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), menuju Mako Ditpolairud Bangka Belitung.

Empat penumpang helikopter dinyatakan hilang, satu perwira polisi, dan tiga lagi merupakan bintara polisi.

BACA JUGA:TNI-Polri Siap Amankan Kunjungan Ibu Negara

Jatuhnya helikopter NBO 1103 itu, karena melaksanakan tugas atau kegiatan ferry flight helikopter.

Demikian ditegaskan Kabiro Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dalam keterangan persnya, Minggu 27 November 2022.

Menurut Ahmad Ramadhan, pihak Mabes Polri sudah mengonfirmasi terkait kejadian tersebut. ‘’Ya benar, terjadi hilang,” ujar Ramadhan.

Menurut Brigjen Ramadhan, helikopter berjenis NBO dengan nomor registrasi P-1103 itu tebang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight helikopter.

BACA JUGA:Kebakaran Pasar Cinde, Polisi Sebut Ratusan Lapak Terbakar...

Dengan rute yang ditempuh adalah dari Polda Kalimantan Tengah ke Markas Komando (Mako) Direktorat Polisi Udara (Ditpoludara) di Bangka Belitung.

Diketahui dalam data Polisi, helikopter bernomor registrasi P-1103 itu hilang kontak dilaporkan sekitar pukul 14.00 WIB.

Brigjen Ramadhan mengungkapkan, pada posisi 39nm sebelum Tanjung Pandan, Belitung, helikopter P-1113 melaporkan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki lantaran berhadapan dengan cuaca buruk.

Disisi yang sama, sang pilot melaporkan bahwa helikopternya gagal menaikkan ketinggian dan terus turun menuju ketinggian 3.500 kaki.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Segera Merelokasi Pasar Cinde Pasca Kebakaran, Ini Kata Wawako Palembang...

"Pada pukul 14.00 WIB, captain pilot helikopter P-1113 berusaha memanggil crew helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter. Namun tidak ada jawaban," ujarnya.

Kemudian pada pukul 14.24 WIB, helikopter P-1113 berhasil mendarat di Bandara Tanjung Pandan, sementara helikopter P-1103 belum dapat dikontak.

Kapten pilot helikopter P-1113 kemudian mengecek posisi Helikopter P-1103 di Tower, sekaligus melaporkan peristiwa itu ke Kaurmin Subdit Patroli Udara, Kasi Dalwil Subdit Patroli Udara dan Kasubdit Patroli Udara.

"Adapun langkah yang diambil saat ini yakni berkoordinasi dengan Ditpolairud Polda Bangka Belitung, Basarnas dan menyiapkan peralatan untuk pencarian helikopter P-1103," tukasnya.

BACA JUGA:Emosi Ditagih Utang Rp100 Ribu, Alam ‘Bacok’ Korban Berkali-kali, Begini Kondisi Korban...

Pihak Mabes Polri pun akan melibatkan Korps Kepolisian Perairan dan Udara Polri (Korpolairud) dan Kepolisian Daerah Bangka Belitung untuk melakukan pencarian.

Polri mengaku tidak bisa melakukan pencarian pada Minggu lantaran terkendala cuaca buruk, pencarian akan dilanjutkan Senin 28 November 2022. (*)

Sumber: disway.id