7 Tips Liburan Bersama Keluarga agar Hemat, Tak Perlu Keluar Negeri...

7 Tips Liburan Bersama Keluarga agar Hemat, Tak Perlu Keluar Negeri...

Ilustrasi liburan bersama keluarga yang hemat, namun tetap menyenangkan.-Palpos.id-Jpnn.com

PALEMBANG, PALPOS.ID – Banyak tempat liburan keluarga yang bisa menyenangkan. Dan tentunya juga bisa menghemat pengeluaran.

Artinya, liburan bersama keluarga itu tak perlu keluar negeri. Selain menghemat pengeluaran, juga liburan dalam negeri tak kalah menarik dari luar negeri.

Liburan sendiri semestinya harus dilakukan sesuai rencana dan kesepakatan bersama keluarga.

Jika semuanya berjalan, walaupun liburan tak jauh dari kota mu, tetap saja akan dinikmati dengan santai oleh keluarga.

BACA JUGA:Anya Geraldine Panjat Pohon Pakai Bikini saat Liburan di Bali

Berikut ini 7 tips liburan bersama keluarga, yang tentunya bisa menghemat pengeluaran, namun tetap membuat bahagia anda dan keluarga:

1.   Survey Lokasi Tempat Liburan

Di zaman yang sudah canggih ini, kita tinggal membuka aplikasi di handphone, dan sudah bisa memilih tempat liburan.

Kemudian, kita tinggal memilih provinsi atau kota mana yang akan dituju. Termasuk tempat wisata yang ada disana.

Artinya, kita bisa memilih apakah kota dan tempat wisata itu cocok dengan anda keluarga atau tidak.

BACA JUGA:Ini Resep Pempek Udang yang Enak dan Mudah Dibuat

Dengan survei baik melalui Hp atau internet maupun menemui agen travel, anda juga bisa menghitung pengeluaran jika harus liburan ke tempat dimaksud.

Termasuk apakah tempat wisata yang akan dituju tersebut ada promosi atau diskon. Dengan begitu, kita tentu akan lebih hemat.

2.   Pemesana dari Jauh Hari

Artinya setelah menentukan tempat liburan, anda juga bisa langsung mengetahui untuk menuju tempat wisata itu dengan kendaraan apa.

Jika untuk berangkat ke tempat liburan harus menggunakan tranpostrasi, artinya kita juga bisa mulai untuk memesan tiket. Baik tiket pesawat, tiket bus, atau tiket kapal.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Bolehkan Pasang Lift Jembatan Ampera Palembang, Asal...

Selain itu, anda juga bisa langsung mencari informasi tempat penginapan yang sesuai dengan kantong. Termasuk tiket menuju tempat wisata tersebut.

Sebab, jika kita memesan dari jauh hari, siapa tahu ada harga spesial atau lebih murah dari harga normal atau harga menjelang hari libur.

3.   Berangkat Sebelum atau Sesudah Musim Libur

Anda dan keluarga juga diusahakan untuk berangkat ke tempat wisata yang dituju itu, sebelum atau sesudah musim liburan. Sebab, itu juga akan mengurangi pengeluaran.

Karena, jika kita ke tempat wisata saat musim liburan atau high season, tentu kebutuhannya akan membengkak. Pasalnya, harga tiket dan penginapan terkadang bisa naik atau lebih mahal.

BACA JUGA:Meski Diprotes Pemasangan Lift di Jembatan Ampera Palembang Tetap Lanjut, Ini Targetnya...

Dan yang terpenting, agar momen bersama keluarga tidak hilang, tentu sebelum atau sesudah musim liburan lebih bagus. Karena tempat wisata yang dituju biasanya akan lebih sepi.

4.   Kesampingkan Kemewahan

Artinya kita harus mengutamakan untuk liburan itu adalah kenyamanan, dan tentunya bisa berhemat. Bukan mencari kemewahan saat liburan.

Hal itu tentu berkaitan dengan memilih fasilitas saat liburan. Mulai dari transportasi, penginapan, termasuk guide atau pemandu wisata.

Intinya kalau liburan kita nyaman, tentu semuanya akan senang dan bahagia. Dan sekali lagi, liburan menyenangkan itu tak mesti mewah.

BACA JUGA:3 Fakta Menarik Terkait Jembatan Ampera Palembang, Apa Saja Ya

5.   Hitung Pengeluaran Selama Liburan

Semua pengeluaran anda dan keluarga selama liburan sebaiknya dicatat sedetail mungkin. Semuanya itu berguna, agar kita tahu kemana saja uang dipakai.

Dengan demikian, anda dan keluarga bisa membatasi pengeluaran selama liburan. Intinya bisa menekan hidup boros atau foya-foya selama liburan, agar liburannya tak mahal.

6.   Selalu Bawa Uang Tunai

Dengan adanya uang tunai, tentu anda dan keluarga bisa mengatur pengeluaran selama liburan. Namun bukan untuk foya-foya ya.

Intinya, dengan uang tunai kita bisa tahu pengeluaran dan sisa uang yang ada di kantong. Dengan begitu, kita akan membuat perincian jika ingin berbelanja.

BACA JUGA:Kadisbudpar Sumsel Akan Kaji Ulang Pemasangan Lift di Jembatan Ampera

Andaipun ingin membawa ATM atau kartu kredit, juga boleh saja, sekadar untuk persiapa, takut nanti ada kebutuhan mendadak selama liburan.

7.   Pilih Belanja Oleh-oleh

Tips yang terakhir ini terkadang tak terasa akan membuat liburan terasa mahal. Sebab, ketika akan belanja oleh-oleh, terkadang kita lupa untuk berhemat.

Sebab, oleh-oleh terutama kuliner itu pasti ada. Dan terkadang kita harus membeli ini dan itu, termasuk pesanan teman atau keluarga.

Makanya, sebaiknya nikmati momen liburan anda dan keluarga saja, jangan fokus untuk belanjanya.

Jika pun ingin berbelanja, carilah tempat yang lebih murah, namun tetap dengan kualitas bagus.

Misalnya belanja oleh-oleh itu pilih saja di pasar tradisional, daripada borong oleh-oleh di toko cinderamata atau mal setempat.

Demikianlah tips liburan yang bisa menghemat pengeluaran, namun tetap akan menyenangkan bagi anda dan keluarga.

Semoga apa yang kami buat ini bisa berguna bagi penggemar travelling, dan menjadi rujukan saat anda dan keluarga akan berlibur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: google.com