4 Universitas Negeri yang Ada Jurusan KesMas di Pulau Sumatera ? Yuk Lihat di Sini!

4 Universitas Negeri yang Ada Jurusan KesMas di Pulau Sumatera ? Yuk Lihat di Sini!

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya -FOTO : ISTIMEWA-facebook

 PALEMBANG, PALPOS.ID - Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat atau yang biasa disebut KesMas kini banyak digandrungi oleh para siswa karena prospek kerja yang luas dan kebutuhan Sumber Daya Manusia  yang banyak, sehingga tak jarang para calon mahasiswa melirik jurusan ini.

Emang apa saja prospek kerja bagi para mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat ini?

Prospek kerja yang dapat ditempuh oleh lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat ini dapat bekerja di perusahaan, perkantoran, Dinas Kesehatan, pabrik-pabrik, puskesmas, rumah sakit, laboratorium, pekerjaan di lapangan dan lainnya.

Tak hanya prospek kerjanya yang luas melainkan juga seperti yang kita ketahui kini isu-isu kesehatan tiada habisnya bahkan selalu luas dan ter up-to-date. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas dan nyata. Sehingga tiada alasan untuk tidak memilih jurusan Kesehatan Masyarakat.

Lantas, di mana saja ah Universitas-universitas Indonesia yang memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat ini terutama di Pulau Sumatera?

Berikut  universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat terkhusus di Pulau Sumatera.

 1. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya memiliki jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Lokasi FKM (S1) UNSRI berada di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Jurusan kesehatan masyarakat di UNSRI ini amasih berakreditasi B hal ini dikarenakan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNSRI sendiri baru lepas dari Fakultas Kedokteran UNSRI pada tanggal 16 November 2008 sehingga dapat dikatakan bahwa FKM UNSRI merupakan fakultas terbaru di UNSRI dan terbukti bahwa FKM UNSRI merupakan fakultas terakhir di UNSRI setelah Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

Namun demikian, FKM UNSRI selalu berusaha untuk meningkatkan kualitasnya agar dapat menuju Akreditasi A dengan cara meningkatkan  prestasi mahasiswa, melengkapi alat-alat laboratorium, menyediakan, melengkapi serta memperbaiki setiap perlengkapan-perlengkapan ruangan kelas maupun fasilitas lainnya.

FKM (S1) UNSRI memiliki 3 jurusan yaitu diantaranya, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dan Gizi.

2. Universitas Andalas

Universitas Andalas memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Lokasi FKM (S1) UNAND berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Jurusan kesehatan masyarakat di UNAND sudah berakreditasi A semenjak  30 November 2019 silam.

FKM (S1) UNAND memiliki 3 jurusan yaitu diantaranya, Kesehatan Masyarakat, Gizi dan Epidemiologi.

3. Universitas Jambi

Universitas Jambi memiliki jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Lokasi Prodi Kesehatan Masyarakat (S1) UNJA berada di Kabupaten Muara Jambi, Jambi. Jurusan kesehatan masyarakat di UNJA berakreditasi B semenjak tahun 2018 silam.

 FKIK (S1) UNJA memiliki 4 jurusan yaitu diantaranya, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Kedokteran dan Psikologi.

4. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Lokasi FKM (S1) USU berada di Kota Medan, Sumatera Utara. Jurusan kesehatan masyarakat di USU telah berakreditasi A semenjak tahun 2018 silam.

FKM (S1) USU hanya memiliki 1 jurusan didalamnya yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: