Ini 6 Jenis Motif Songket Palembang. Nomor 5 Motif Paling Unik

Ini 6 Jenis Motif Songket Palembang. Nomor 5 Motif Paling Unik

Motif songket Palembang yang mewah yang wajib kamu ketahui.--

Berbagai jenis dan fungsi yang ada di motif songket Palembang memiliki makna tersendiri.

1. Songket Lepus

Songket Lepus merupakan songket pertama yang ada di Palembang. Lepus memiliki makna menutupi. Songket Lepus berarti kain yang tertutupi anyaman benang emas. Hampir seluruh kain Songket Lepus tertutupi oleh benang emas. Songket Lepus dibagi menjadi tiga, dasar pembedaan ini bergantung pada motif dan benang yang digunakan: Lepus Berekam, Lepus Berantai, serta Lepus Penuh. 

2. Songket Tabur

Songket yang satu ini dikenal dengan motif tabur,  yang memiliki ciri bertaburan, menyebar, dan motif kecil-kecil seperti bunga dan bintang. Ada tiga jenis yang tergolong dalam Songket Tabur yaitu:  Songket Tawur Lintang, Songket Tawur Perak, dan Songket Tawur Tampak Magis. 

BACA JUGA:Suka Jalan-Jalan, Ini 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Palembang

3. Songket Bunga 

Ada dua jenis songket bunga yaitu Songket Bunga Emas dan Songket Bunga Pacik.   Kedua jenis songket ini dibedakan atas penggunaan jenis benang. Songket Bunga Emas biasanya dipakai oleh penduduk keturunan Tionghoa, sedangkan Songket Bunga Pacik, yang dibuat menggunakan benang kapas putih, banyak digunakan oleh penduduk keturunan Arab.

BACA JUGA:Mengenal Suku Marga di Sumatera Selatan

4. Songket Limar

Songket ini dikenal dengan jenis songket warna-warni; merujuk pada kata limar yang memiliki makna etimologis, warna-warni. Untuk menghasilkan benang yang berwarna-warni, harus dilakukan pencelupan. Motif songket ini juga biasanya digabungkan dengan benang emas.

5. Songket Tretes 

Songket ini hanya memiliki motif di bagian ujung kain. Sedangkan pada bagian tengah, dibiarkan kosong tanpa motif. Ada juga kreasi Songket Tretes yang mengisi area kosong ditengah kain dengan sejenis motif tabur.

BACA JUGA:Pemerintah Juga Berikan Bansos untuk Masyarakat Adat Terpencil, Ini Besarannya...

6. Songket Rumpak 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: