Bukan Hanya Untuk Balita, Ini Manfaat Posyandu Bagi Lansia

Bukan Hanya Untuk Balita, Ini Manfaat Posyandu Bagi Lansia

Pengecekan gula darah pada lansia di Desa Batu Raja Baru saat Posyandu. Selasa 10 Januari 2023.Foto:Padri/Palpos.Id--

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID - Setiap daerah pasti tidak asing lagi mendengar kata posyandu. Kegiatan posyandu di desa selalu dinanti-nantikan oleh ibu-ibu hamil dan balita untuk mendapatkan kesehatan.


Sudah anda ketahui belum apa itu arti posyandu. Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu atau Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM).


Kepala Desa Batu Raja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Agustian Hadinata mengungkapkan, banyak  manfaat yang didapat oleh ibu-ibu dan balita maupun lansia dalam kegiatan posyandu tersebut.

BACA JUGA:Warga Kabupaten Musi Banyuasin Makan Tanah untuk Jadi Obat Penyakit Ini…


"Untuk lansia, rajin ke posyandu sangat penting. Karena manfaat bagi lansia yang didapat juga sangatlah besar. Selain pengecekan gula darah, kolesterol, asam urat, cek darah. Dan juga bidan desa memberi vitamin dan obat-obatan sesuai pengecekan yang sedang berlangsung serta juga pemberian makanan tambahan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bonus Untuk Para PNS Segera Cair di 2023, Cek Tanggalnya!
Selain untuk lansia, posyandu juga diperuntukan bagi ibu hamil dan balita dengan tujuan untuk mencegah peningkatan angka kematian Ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya, dan mencegah terdampaknya gizi buruk yang bisa berdampak pada stunting terhadap balita dimaksud.


"Selain pemberian vitamin, pengecekan tumbuh kembang anak banyak lagi manfaatnya yang didapat kalau kita sering ke posyandu,” ujar dia.

BACA JUGA:Wow, Segini Gaji Baru Panwaslu Desa untuk Pemilu 2024, Ini Rinciannya
Karena dari Pemdes melalui Dana Desa sendiri telah dianggarkan PMT atau pemberian makanan tambahan bagi ibu dan anak, seperti bubur kacang hijau, telur dan lain-lain, juga yang terpenting adanya bantuan susu sesuai umur si anak dan ibu hamil, jadi manfaat keposyandu sangatlah besar,” tukasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: