Telkomsel Gandeng Ericsson dan Qualcomm Bangun Pemanfaatan Potensi Extended-Range 5G mmWave

Telkomsel Gandeng Ericsson dan Qualcomm  Bangun Pemanfaatan Potensi Extended-Range 5G mmWave

Telkomsel, Ericsson dan Qualcomm melakukan uji coba layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Access (FWA) menggunakan teknologi Extended-Range 5G dengan bandwidth 800 MHz pada frekuensi millimeter-wave (mmWave) 26 GHz di Kawasan Danau Toba, Sumate--telkomsel

JAKARTA, PALPOS.ID- Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan dan penyelenggara layanan 5G pertama di Indonesia.

Kali ini, Telkomsel bekerjasama dengan Ericsson (NASDAQ: ERIC) dan Qualcomm, melakukan uji coba layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Access (FWA).

Ini menggunakan teknologi extended-range 5G dengan bandwidth 800 MHz pada frekuensi millimeter-wave (mmWave) 26 GHz yang diizinkan sementara penggunaannya untuk uji coba oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Keunggulan jangkauan yang luas, kapasitas tinggi dan kemampuan latensi rendah dari 5G mmWave menawarkan potensi besar bagi penerapan teknologi FWA dan mendorong pemerataan, peningkatan, dan percepatan transformasi digital nasional.

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Paket RoaMAX Umroh, Segini Harganya!

BACA JUGA:Berbahaya, Dinas Kesehatan Minta Stop Penjualan Ciki Ngebul di Palembang

Berdasarkan hasil pengujian, kecepatan download masih bisa mencapai peak throughput 1 Gbps meskipun jaraknya sudah mencapai 7,9 Kilometer di kawasan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. 

Hasil tersebut menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz dapat menjadi salah satu solusi yang bermanfaat untuk layanan FWA dalam mendukung pengembangan beragam solusi digital. 

Kawasan Danau Toba sendiri merupakan salah satu dari titik Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan layanan 5G yang telah ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan, Telkomsel sebagai digital enabler terdepan di Indonesia, yang memiliki cakupan konektivitas digital terluas secara nasional.

BACA JUGA:Terbaru ! Besaran THR dan Gaji 13 PNS Tahun 2023

BACA JUGA:Cihuuyy, Pekerja Bisa Dapat Uang Rp 800 Ribu Nilainya Lebih Besar dari BSU

“Kini, bersama mitra penyedia infrastruktur dan teknologi kami, Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel secara konsisten terus berkolaborasi untuk tetap relevan dalam setiap penerapan teknologi jaringan terbaru, yang salah satunya melalui uji coba penerapan teknologi jaringan 5G mmWave di kawasan Danau Toba,” ujar dia.

Head of Ericsson Indonesia, Jerry Soper menjelaskan, Ericsson dengan senang hati dapat mendemonstrasikan teknologi 5G baru di Indonesia bersama Telkomsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: