Instruksikan Nakes Puskesmas Siaga 24 Jam

Instruksikan Nakes Puskesmas Siaga 24 Jam

Kadinkes Kota Prabumulih, dr Hesti Widianingsih--Foto : Prabu

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Prabumulih, dr Hesti Widiyaningsih MARS menginstruksikan kepada seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas-puskesmas 24 jam, agar selalu standby alias siaga melayani masyarakat.

"Menjadi atensi kita dinas kesehatan, tidak henti-hentinya kita instruksikan. Jadi kalau untuk puskesmas bukan imbauan tapi kita instruksikan tegas kalau kita sudah janji pelayanan 24 jam kita harus siap," ujar Hesti.

Tak hanya petugas nakes saja tapi juga kata Hesti, sarana dan prasarana kesehatan di puskesmas juga harus siap pakai," ucapnya.

Dikatakannya, saat ini di Kota Prabumulih ada 9 puskesmas yang siaga 24 jam yakni puskesmas Cambai, Sukajadi, Karang Raja Dlinom, Puskesmas Pasar, Puskesmas Barat.

BACA JUGA:Nongkrong Bareng Wartawan, Kapolres Prabumulih Katakan Ini

BACA JUGA:Pejabat di Prabumulih Harap-Harap Cemas, Bakal Ada Mutasi Lagi

"Kemudian Puskesmas Prabumulih Timur, Puskesmas Gunung Kemala, puskesmas Tanjung Raman dan Puskesmas Rambang," tuturnya.

Disinggung apakah dokter jaga wajib siaga, Hesti menuturkan untuk dokter jaga tidak wajib stanby di puskesmas. Akan tetapi, dokter jaga cukup standby on call. 

"Siapnya on call, tapi petugasnya perawat sama bidan standby 24 jam. Karena kita juga ada pelayanan persalinan, jadi memang ada yang bersalin di puskesmas," kata Hesti.

Ditanya berapa banyak petugas yang siaga, kadinkes menuturkan untuk tiap-tiap puskesmas berbeda jumlahnya. "Biasanya puskesmas yang ramai petugasnya lebih banyak, seperti puskesmas barat dan pasar. Karena masyarakat untuk pertolongan pertama lebih memilih puskesmas," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: