Biaya Haji Naik, Ini tanggapan CJH

Biaya Haji Naik, Ini tanggapan CJH

Disaat Pemerintah Arab Saudi mengumuman paket biaya haji dan umroh turun 30 persen dibanginkan tahun 2022, Pemerintah Indonesia justru menaikan biaya haji dan umroh 2023.-Foto : Ilustrasi Jemaah Haji-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Disaat Pemerintah Arab Saudi mengumuman paket biaya haji dan umroh turun 30 persen dibanginkan tahun 2022, Pemerintah Indonesia justru menaikan biaya haji dan umroh 2023.

Hal itu tentu saja membuat  Calon Jemah Haji nelangsa. Terlebih kenaikan biaya haji Indonesia dinilai terlalu tinggi.

‘Tinggi sekali kenaikannya,’ ujar Rusmila CJH asal Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel), begitu mendengar informasi tarif haji 2023.

BACA JUGA:Stop Kerjasama Dengan Faskes-Masukan Daftar Hitam Oknum Curang

Tergambar jelas kekecewaan di wajah Rusmila. Terlebih informasi kenaikan haji tersebut didengarnya bersamaan dengan pengumuman tarif haji dan umroh oleh Pemerintah Arab Saudi.

Menurutnya, kalaupun terdapat selisih kurs rupiah dengan mata uang Arab Saudi, harusnya Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia harus lebih bijak.

BACA JUGA:Daun Nangka Kuning Obat Herbal Untuk Penyakit Kuning dan Liver

‘Masak iya, kita yang harusnya sudah berangkat sejak beberapa tahun lalu dan harus tertunda karena Covid-19 tahun ini juga terpaksa tertunda karena selisih tarif biaya yang telah dipersiapkan dari tahun-tahun sebelumnya,’ ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap kebijakan Pemerintah agar tidak menzolimi CJH yang sudah sejak beberapa tahun sebelumnya menunggu waktu keberangkatan beribadah di tanah suci.

BACA JUGA:Tak Mau Ditangkap, Pemuda Ini Pilih Bergulat dengan Polisi

‘Kalaupun ada kenaikan harusnya bertahap tidak langsung naik drastic seperti ini,’ ujarnya kecewa.

Senada dikatakan Ayu warga Kota Lubuklinggau lainnya. ‘CJH sudah menyetor uang pendaftaran dari beberpa tahun sebelumnya, kenapa pemerintah tidak menggunakan dana manfaat untuk menekan tariff haji agar kenaikanya bisa ditoleransi oleh CJH,’ ungkapnya.

BACA JUGA:Calon Jemaah Haji Indonesia Bisa Full Senyum Karena Ini

Selisih biaya haji yang terlalu signifikan dari tahun keberangkatan terakhir sebelum wabah Covid, dikatakan Ayu, tentu membuat pil pahit bagi sebagian  CJH. Karena tidak semua CJH siap akan kenaikan tarif haji yang signifikan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: