Siap-Siap, Bayar Tagihan Air Dobel, Begini Penjelasannya!

Siap-Siap, Bayar Tagihan Air Dobel, Begini Penjelasannya!

Dirut Perumda Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya Adani dan tim dari Australia meninjau proyek IPAL di Sei Selayur--humas perumda tirta musi

Gerard menjelaskan, untuk pengolahan limbah ini dari rumah tangga yang kemudian masuk dan diolah di IPAL Sei Selayur, setelah itu dikembalikan lagi ke sungai sudah dalam kondisi baik. 

"Hasil pengolahan air limbah inilah yang tidak lagi mencemari sungai, sehingga memberikan banyak dampak (multi efek), baik secara ekonomi, kesehatan, pariwisata dan lain-lain," jelasnya. 

Misalnya, dampak ekonomi Palembang, dengan sungai Musi lebih bersih akan membuat cita - cita pemerintah untuk menjadikan pariwisata sungai dan mendatangkan wisatawan sehingga ketika orang datang ke Palembang tidak hanya dapat menikmati makan pempek saja tapi juga berwisata di sungai Musi. 

"Dari kesehatan, ini tanpa kita sadari limbah membuat orang sakit, dan ini tentu efek nya bukan dari kesehatan saja, tapi juga ke ekonomi, dan sosial nya," katanya. 

BACA JUGA:Puncak Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyakuran

Lebih lanjut, Gerard mengatakan, kapasitas yang sudah dibangun sekarang lebih dari 22 ribu SR. "Tapi ini kembali lagi kepada keinginan masyarakat sebagai demand (permintaan) untuk menggunakan apa tidak," ujarnya. 

Secara ideal, menurutnya untuk kota sebesar Palembang butuh beberapa IPAL lagi. Sebab yang sudah dibangun ini saja baru untuk percontohan dan akan mengcover beberapa wilayah saja, seperti kawasan Jl. Merdeka salah satunya. 

"Karena kapasitas yang ada sekarang belum untuk cover semua wilayah kota Palembang yang terbilang besar. Jadi, memang harus ditambah lagi," tukasnya.* 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: