OKU Terima Bantuan 11 Unit Alkes USG. Ini Gunanya

OKU Terima Bantuan 11 Unit Alkes USG. Ini Gunanya

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU, Dedi Wijaya.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA,PALPOS.ID- Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mendapat bantuan sebanyak 11 unit alat kesehatan (alkes) Ultrasonografi (USG) dari Kementerian Kesehatan RI untuk melengkapi peralatan kesehatan di seluruh puskesmas di daerah itu.

"Ada sebanyak 11 unit alkes USG yang kami terima hari ini dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Dedi Wijaya, Senin (30/1).

Dia mengatakan, alat USG yang disalurkan pemerintah pusat ini diperuntukan guna melengkapi peralatan kesehatan di 11 puskesmas di Kabupaten OKU yang belum memiliki peralatan tersebut.

Menurut dia, saat ini dari 18 puskesmas yang ada di Kabupaten OKU masih ada 11 pusat pelayanan kesehatan di beberapa kecamatan yang belum memiliki alat kesehatan tersebut.

BACA JUGA:Tega Anak Tikam Ibunya, Hanya Tidak dipinjamkan Motor
"Selama ini di daerah yang belum memiliki fasilitas kesehatan USG masyarakatnya sering kali kesulitan melakukan pemeriksaan khususnya memeriksa kandungan ibu hamil," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, bantuan tersebut akan langsung didistribusikan ke seluruh puskesmas agar dapat digunakan dalam melayani masyarakat di wilayah itu. "Tentunya alat ini akan dilakukan uji coba dulu untuk memastikan berfungsi dengan normal," tegasnya.

BACA JUGA:Perdana, 5 Instruktur AHM Safety Riding Park Siap Bersaing di Thailand, Ini Kelas yang Diikuti...

Dia menjelaskan, Ultrasonografi atau lebih dikenal dengan USG adalah prosedur pengambilan gambar dari bagian tubuh tertentu yang biasanya digunakan untuk melihat kondisi bayi dalam kandungan dengan memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi. "USG dilakukan untuk mendeteksi dan memonitor denyut jantung pada janin di di dalam kandungan," jelasnya.

BACA JUGA:Polisi Amankan Pelaku Penipuan Online Berkedok Karyawan BRI, Begini Kronologisnya...
Alat ini juga bisa digunakan untuk menunjang ketepatan dalam mendiagnosis penyakit dalam sehingga dapat mengarahkan pada pengobatan yang tepat untuk pasien.

"Dengan adanya alat bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di seluruh puskesmas di Kabupaten OKU dalam melayani masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan medis," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: