Siswa SMA Negeri 1 Belimbing Dilatih Cerdas dan Berkarakter

Siswa SMA Negeri 1 Belimbing Dilatih Cerdas dan Berkarakter

Suasana kegiatan Pelatihan penguatan karaker siswa SMA Negeri 1 Belimbing bersama Trainer Polda Sumsel. Foto ist--

BELIMBING, PALPOS.ID- Kepala SMA Negeri 1 BELIMBING, Sri Lestari, S. Pd., M. Pd mengundang Trainer Polda Sumsel Ipda Toni Hermawan, ST., SH., MM dari Bid labfor Polda Sumatera  Selatan untuk melaksanakan kegiatan Penguatan Karakter Siswa kelas XII SMAN 1 BELIMBING tahun Pelajaran 2022/2023 pada hari Sabtu 4 Januari 2023.

“Kami sangat berterima kasih pada Trainer polda sumsel  bapak Ipda Toni Hermawan, ST, SH, MM, atas waktu dan kesempatannya untuk membagikan ilmunya tentang ESQ penguatan karakter  kepada siswa/I dan guru kami," paparnya.

Menurut Sri, ESQ atau Emotional Spiritual Quotient merupakan sebuah metode  penggabungan antara kecerdasan emosional dengan kecerdasan spiritual.

“Menurut kami kegiatan pelatihan ESQ penguatan karakter sangatlah penting karena menurut pengamatan kami anak anak sekarang memiliki karakter yang sangat kurang disiplin, kurang  kepeduliannya terhadap pembelajaran dan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:Yayasan Mimpi Besar Indonesia Gaungkan Toleransi di Kalangan Anak Muda Palembang

Padahal karakter itu  merupakan salah satu kompetensi pembelajaran abad ke-21 seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin cepat sehingga perlu penguatan diri dalam diri individu," jelasnya 

Karena, tambah dia, jika orang yang cerdas dan memiliki intelegensi tinggi tetapi memiliki moral dan karakter yang rendah  justru akan menyebabkan ancaman bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

Pelatihan Penguatan karakter dengan metode ESQ/NAC adalah untuk merupakan sarana yang efektif dalam memahami cara agar siswa/i agar dapat tumbuh dan berkembang jiwanya menjadi lebih kuat serta mampu mengendalikan diri di usia yang masih belum stabil dalam memilih tujuan hidup yang sesuai dengan cita-cita.

"Kami sangat menyambut baik kegiatan ini dibuktikan dengan sangat antusiasnya siswa/guru dalam mengikuti rangkaian kegiatannya," tegas Sri.

BACA JUGA:Soal Pungutan Biaya Perpisahan Sekolah, Ini Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Palembang

Adapun peserta sasaran kegiatan ESQ penguatan karakter ini adalah sasaran utama nya untuk seluruh siswa/i kelas XII IPA dan IPS yang berjumlah 197 Orang yang didampingi 17 Guru beserta staf TU.

Menurut Wakil Bidang Humas SMA Negeri 1 Belimbing, Muhrobil Uron, S. Pd, bahwa sudah seharusnya kegiatan pelatihan siswa dilakukan dengan berbagai macam system.

Pilihan ESQ sarana yang efektif dalam memahami cara agar tumbuh dan berkembang jiwa yang kuat dan mampu mengendalikan diri diusia yang masih belum stabil dalam memilih tujuan hidup yang sesuai cita cita.

"Dengan kegiatan ini diharapkan siswa yang mengikuti dapat mengubah cara pandang mereka dalam menghadapi masalah yang akan mereka hadapi kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: