Tipu Kontraktor Ratusan Juta, ASN Damkar Muara Enim Diringkus, Begini Kronoligisnya...

Tipu Kontraktor Ratusan Juta, ASN Damkar Muara Enim Diringkus, Begini Kronoligisnya...

Mahmudin ASN Damkar Muara Enim, tersangka kasus penipuan terhadap kontraktor saat diintrogasi kanit reskrim polsek prabumulih Timur, Ipda Haryoni Amin SH.Foto:Prabu/Palpos.Id--

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Mahmudin (46), seorang aparatur sipil negara (ASN) alias pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di dinas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Muara Enim, terpaksa merasakan tidur di hotel prodeo Polsek Prabumulih Timur.

Warga Jalan Bukit Baru Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat 2 Kota Palembang ini diringkus tim opsnal unit reskrim polsek prabumulih Timur, saat sedang makan di KFC Demang Lebar Daun Palembang, Minggu (26/2) sekitar pukul 21.00 WIB.

Mahmudin ditangkap lantaran, telah melakukan penipuan terhadap seorang kontraktor bernama Alek Saputra (45), warga Jalan Lekipali Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIK MH melalui Kapolsel Prabumulih Timur AKP Bobby Altarik didampingi Kanit Reskrim, Ipda Haryoni SH menuturkan, ASN Muara Enim ini ditangkap lantaran kasus penipuan dengan modus.menjanjikan memberikan proyek pembangunan di Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2022.

BACA JUGA:Wow ! Lima Kali Cabuli Remaja Sesama Jenis di Kebun, Pria Berambut Pirang Diringkus Polisi

"Kepada korban pelaku menjanjikan dapat memberikan proyek bernilai miliaran, namun untuk mendapatkan proyek itu pelaku meminta sejumlah uang dengan total Rp215 juta kepada korban," ungkap Haryoni.

Karena merasa yakin dengan pelaku sambung Haryoni, korban akhirnya memberikan uang tersebut dengan cara ditransfer sebanyak 3 kali melalui kantor cabang BCA Prabumulih. "Pertama ditransfer sebesar Rp90 juta, kemudian Rp60 juta dan terakhir Rp65 juta," bebernya.

BACA JUGA:Cabuli Balita, Pemuda di Prabumulih Diringkus Unit PPA, Begini Kronologisnya
Namun sampai akhir tahun 2022 kata Haryoni, korban tidak mendapatkan proyek yang dijanjikan. Karena itulah, akhirnya korban melaporkan perbuatan tersebut ke Polsek Prabumulih Timur.

"Menindaklanjuti laporan itu, kami langsung melakukan penyelidikan. Setelah mengantongi dua alat bukti, kami langsung melakukan penyergapan terhadap tersangka saat berada di KFC Demang Lebar Daun Palembang," kata Kanit Reskrim.

Karena perbuatannya itu kata Kanit Reskrim, ASN yang sebelumnya bertugas di Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim tersebut dijerat Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP tentang penipuan dengan penggelapan. "Ancaman hukuman empat tahun penjara," tegasnya.

BACA JUGA:Ternyata Ini Modus Guru Bimbel Cabuli Murid, Ini Penjelasan Wakapolres Prabumulih...
Sementara, Mahmudin ketika diwawancarai wartawan mengakui perbuatannya tersebut. "Dio minta proyek melalui perantaranya pada Juli 2022, yo aku ngomong kita usahakan tapi dak tahunya dak dapat," ungkapnya.

Dikatakannya, proyek yang dijanjikan kepada pelapor yakni sebesar Rp1 miliar. "Tapi dak dapat karena sudah diambek orang lain," tuturnya seraya mengatakan dirinya sering memberi proyek ke kontraktor saat dirinya masih menjadi PPK pada tahun 2021 lalu.

Ditanya kenapa sampai dirinya dilaporkan, Mahmudin menuturkan hal itu terjadi karena dirinya tidak lagi berdinas di PUPR. "Mungkin Alek dak sabar lagi, biasonyo kan kali tahun ini dak dapat yo tahun depan. Mungkin jugo karena aku dak lagi di PUPR jadi dio dak percayo mungkin jugo karena aku susah dihubungi," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: