Soroti Soal Banjir, Dewan Minta Pemkot Lakukan Ini

Soroti Soal Banjir, Dewan Minta Pemkot Lakukan Ini

Anggota DPRD Palembang yang hadir langsung dalam Rapat Paripurna dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda rencana tata ruang wilayah Kota Palembang tahun 2023-2043, Kamis (2/3).--Foto : Robby

Palembang, Palpos.ID - DPRD Kota Palembang kembali menyoroti masalah banjir yang masih terjadi, apalagi saat ini intensitas hujan sedang tinggi.

Hal ini terungkap dalam sidang Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan (MP) I dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda rencana tata ruang wilayah Kota Palembang tahun 2023-2043, Kamis (2/3).

Hal ini setidaknya menjadi catatan hampir semua fraksi. Seperti Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P) dengan juru bicara (Jubir), Duta Wijaya Sakti SH.

Fraksi PDI Perjuangan Jubir Duta Wijaya Sakti SH. Menurut Duta, masalah banjir masih sangat rentan dan perlu penanganan secara serius, dimana salah satunya soal ruang terbuka hijau yg memang harus 30 persen di satu wilayah.

BACA JUGA:Pemkot Tegaskan Tidak Ada Lagi Sistem Berjenjang Untuk Pengguna KIS

"Terkait ini kami Fraksi PDI-P meminta masalah persentase ruang terbuka hijau harus menjadi perhatian.

Selanjutnya dalam penanganan banjir juga harus cepat tanggap, cepat berkoordinasi antar antar dinas," tegas Duta.

Terkait soal ruang terbuka hijau yang harus 30 persen, jangan sampai dilanggar.

"Jangan karena investasi, justru Pemkot yang menyalahi aturan dengan memberi izin terhadap investor yang justru berani melanggar tata ruang," ucapnya.

BACA JUGA:Permudah Penerbitan SKCK, Polres OKI Miliki Inovasi Samsung

Selain itu untuk mencegah genangan air, Dikatakan Duta Pemkot perlu menginventarisir dengan menambah kolam retensi sesuai standar dan kebutuhan.

"Semua ini tujuannya untuk mencegah banjir," ujarnya.

Tak jauh berbeda dengan catatan Fraksi PAN Ahmad Sobri Padila SP MM, selaku jubir menekankan kepada Pemkot untuk cepat menanggulangi genangan air atau banjir.

Catatan yang sama juga dikemukakan Fraksi PKB dengan jubir Harya Prathysta Endhie, dimana F-PKB meminta agar sistem dan fungsi drainase di Kota Palembang dapat berjalan maksimal sehingga tidak berdampak terjadinya genangan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: