Sebanyak 200 JCH OKU Sudah Melakukan Perekaman Visa Biometrik

Sebanyak 200 JCH OKU Sudah Melakukan Perekaman Visa Biometrik

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU, Abdul Muis.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA, PALPOS .ID - Sebanyak 200 orang jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sudah melakukan perekaman visa biometrik menjelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekah tahun ini.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU, Abdul Muis, Minggu (26/3) mengatakan proses perekaman visa biometrik terus dilakukan para JCH agar mencapai target sasaran pada April 2023.

Hingga saat ini dari 230 JCH asal Kabupaten OKU yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah untuk menjalankan ibadah haji tahun ini, Sebanyak 200 orang jemaah diantaranya sudah melakukan perekaman visa biometrik.

BACA JUGA:Kolam Renang Griya Tirta Kayuagung Sepi Pengunjung, Ini Faktornya !

"Capaian persentase perekaman visa biometrik di OKU hingga saat ini sudah mencapai 87 persen dari target sasaran," jelasnya.

BACA JUGA:Ciptakan Kenyamanan Saat Ramadhan, Pol -PP OKU Lakukan Ini

Proses perekaman visa biometrik tersebut dilakukan di halaman Kantor Kemenag OKU dengan menyiapkan dua loket pelayanan agar prosesnya lebih cepat dan dapat rampung hingga batas waktu yang ditentukan.

"Jadi selain dapat melakukan perekaman secara mandiri, para JCH juga dapat dibantu merekam pendataan 10 sidik jari dan foto wajah, telapak tangan serta retina di Kantor Kemenag OKU," ujarnya.

Para jemaah diminta membawa beberapa berkas seperti paspor haji yang asli dan juga membawa KTP dan telepon pintar berbasis android agar memudahkan proses perekaman biometrik.

BACA JUGA:Safari Ramadhan ke Makarti Jaya, Ini Pesan Bupati Banyuasin Terkait Harapan Masyarakat

Muis menjelaskan, perekaman biometrik merupakan proses pencatatan secara digital yang dilakukan dengan kamera pemindai untuk merekam pendataan 10 sidik jari dan foto wajah, telapak tangan serta retina.

Untuk pelaksanaan perekaman visa biometrik tahun 2023 ini dapat dilakukan secara mandiri oleh para JCH di rumah masing-masing menggunakan  Aplikasi Saudi Visa Bio melalui telepon pintar.

BACA JUGA:Takut Dimassa Warga, Afgan Naiki Atap Rumah

"Perekaman visa biometrik ini dapat juga dilakukan secara mandiri dengan aplikasi saudi visa bio dan menggunakan email serta nomor handphone pribadi para JCH," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: