Dinkes Muara Enim Targetkan Zero Malaria

Dinkes Muara Enim Targetkan Zero Malaria

Asisten III bersama Kadinkes Muara Enim mengukiti rapat penguatan perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah dalam upaya dan pencegahan penyakit AIDS, TBC, Malaria Kabupaten Muara Enim 2023.-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Dinas Kesehatan ( Dinkes) Muara Enim, menargetkan Bumi Serasan Sekundang zero kasus malaria.

Pencapaian itu disampaikan rapat pertemuan penguatan perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah dalam upaya dan pencegahan penyakit AIDS, TBC, Malaria  Kabupaten Muara Enim 2023 di ruang Pngripta Sriwijaya, Rabu (29/3).

"Mohon doa dan dukungannya. Semoga Kabupaten Muara Enim zero malaria," ujar Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila kepada awak media usai menghadiri rapat.

Eni menjelaskan, bahwa tiga penyakit HIV/AIDS, TBC, Malaria memang perlu integrasi program bukan cuman Dinas Kesehatan tetapi opd-opd terkait termasuk program CSR.

Kalau hanya mengandalkan Dinas Kesehatan maka tidak akan selesai seperti  menyelesaikan masalah stunting masalah jamban.

"Nah ini seluruh permasalahan kesehatan. Kita harapkan seluruh OPD yang terkait saling sinergi seperti contoh untuk apa tuberkulosis ada tiga penyebab, ada tiga lingkaran, ada tiga sisi. Namun yang harus kita intervensi yaitu dari agent-nya sendiri karena agent-agent-nya itu adalah kumannya," jelasnya.

Eni menerangkan bahwa kuman penyebab proses. Kemudian pasiennya harus diobati dan lingkungan harus diintervensi. "Tidak bisa oleh Dinas Kesehatan sendiri. Misal rumah pasien atau masyarakat tidak sehat ada kolaborasi OPD terkait ikut turun berperan langsyng,"jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id