Menjelang Lebaran Kejahatan 3C Meningkat, Kapolres Sebut Ini Penyebabnya

Menjelang Lebaran Kejahatan 3C Meningkat, Kapolres Sebut Ini Penyebabnya

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Menjelang  lebaran idul Fitri 1444 H kejahatan 3C  yakni pencurian dengan kekerasan atau Curas, pencurian dengan pemberatan atau Curat dan pencurian kendaraan bermotor atau curanmor diprediksi meningkat. Untuk mengantisiapsi hal itu Polres Lubuklinggau telah menurunkan tim untuk melakukan patroli di lapangan.

"Saya perintahkan Sabara, Intel dan  seluruh Reserse dan juga Polsek untuk rutin melakukan patroli," demikian diungkapkan Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi, belum lama ini.

Menurut Harissandi, yang biasanya menjadi sasaran pelaku perampokan menjelang lebaran adalah nasabah bank, dan juga Toko Mas. Sedang untuk pencurian yang menjadi sasaran adalah rumah-rumah kosong.

Karena itu, dikatakannya, bagibwarga yang akan musik dan meninggalkan rumah, sebaiknya menitipkan rumahnya dengan tetangga, melapor ke RT dan RW, atau juga ke Bhabinkamtibmas.

Selain itu, saat meninggalkan rumah harus memastikan terlebih dahulu bahwa kompor dan listrik sudah dimatikan. Karena itu penting agar tidak terjadi kebakaran.

Sementara itu, penyebab tingginya kriminalitas menjelang lebaran dijelaskan Harissandi, karena meningkatnya kebutuhan ekonomi. "Orang mau lebaran mau beli kue, mau beli baju baru dan banyak kebutuhan lainnya," ungkapnya.

Namun terkadang karena keterbatasan ekonomi atau tidak adanya penghasilan/pekerjaan membuat para pelaku kejahatan ini mengambil jalan pintas agar bisa mendapatkan uang dengan muda. "Itu salah satu faktor mengapa kejahatan 3C biasa meningkat menjelang lebaran," pungasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id