Peltam Serap 2000 Tenaga Kerja Lokal

Peltam Serap 2000 Tenaga Kerja Lokal

Tampak para pejabat PTBA, Muspika dan Peltam secara simbolis serahkan Bansos kepada panti asuhan dan Ponpes.-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Meski hanya organisasi lokal, namun sepak terjang Pengusaha Lokal Tanjung Enim (Peltam) sebagai mitra PTBA sudah patut diperhitungkan dalam pengentasan pengangguran terkhusus tenaga kerja lokal. Pasalnya, sedikitnya 2000 tenaga kerja lokal berhasil diserapnya dan dipekerjakannya dibidang Jasa alih daya (tenaga kerja), catering, dan barang rutin.

"Alhamdulilah, meski kita pengusaha lokal namun setidaknya kita sudah membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian lokal," ujar Ketua Peltam Sapril didampingi Bendahara Yuhelmi dan Ketua Pelaksana Jumiati Jupri disela-sela Buka Puasa Bersama  anggota Peltam, Muspida, Muspika,dan Bantuan Sosial untuk empat Panti Asuhan dan Ponpes di
di Aula Hotel Saka Tanah Putih Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Senin (10/4).

Menurut Sapril, Syafril tujuan kegiatan Buka Puasa Bersama ini  adalah untuk menjalin silaturahmi tetap terjaga baik dengan sesama anggota Peltam maupun dengan Muspida, Muspika dan PTBA sendiri sebagai mitra Peltam. Selain itu juga, dengan suasana dan hikmah dibulan Ramadan, pihaknya juga memberikan bantuan sosial (bansos) dengan memberikan sejumlah dana kepada empat Ponpes dan Panti Asuhan yakni Panti Asuhan Tarbiyaturrohaniyah Tanjung Enim, Panti Asuhan Darul Yatim Tanjung, Panti Asuhan Assa’adah Muara Enim dan Ponpes Tahfidz dan Dakwah LaaRoiba Kepur Muara Enim.

Tujuan didirikannya Peltam ini, lanjut Sapril, selain untuk menyatukan visi dan misi organisasi juga untuk pemerataan dalam hal mendapatkan pekerjaan seperti tidak saling sikut, perang harga dan sebagainya, intinya semua anggota yang tergabung dalam Peltam sebanyak 60 orang diupayakan mendapat pekerjaan semua.

Kemudian juga untuk mengakomodir para tenaga lokal yang tidak terakomodir oleh perusahaan-perusahaan besar akibat berbagai faktor. Untuk meningkatkan skill para tenaga kerja lokal pihaknya kedepan akan menjajaki kerjasama dengan Disnaker Muara Enim dalam hal pemberian pelatihan kerja bagi tenaga kerja lokal sehingga kedepan lebih berkompeten dan terampil.
"Ibarat pepatah, kita berorganisasi ini ingin Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah," ujar Sapril.

Harapan kedepan, sambung Sapril, Peltam selain menjadi mitra tentu perlu Pemberdayaan sebagai seorang anak. Selama ini, PTBA sudah baik untuk kedepan bisa lebih baik lagi. Dan Peltam, akan terus berkiprah untuk masyarakat sekitar sesuai dengan memberdayakan lingkungan lokal disekitar Tanjung Enim dan Muara Enim.

Sementara itu mewakili GM UPTE PTBA Kanthi Miarso, mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Peltam selama menjadi mitra PTBA yang telah memberdayakan tenaga kerja lokal sehingga telah meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Kedepan, pihaknya tentu berharap akan semakin banyak pekerjaan-pekerjaan di PTBA yang bisa dikerjakan dan diserap oleh Peltam sehingga perekonomian masyarakat lokal akan semakin meningkat.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Ketua Peltam Sapril, GM UPTE PTBA yang diwakili Kanthi Miarso,
VP Pengadaan Aset dan Infrastruktur Sipil Penunjang Tambang Ichan Aprideni, AVP Balitas Husni Thamrin, Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapten CZI Sujarwo, dan anggota Peltam serta perwakilan tiga panti asuhan dan satu Ponpes. Sedangkan Tausiyah ataupun Kultum Ustadz H Taufiq Hidayat SAg Pimpinan Ponpes Tahfidz dan Dakwah Laa-Roiba Kepur Muara Enim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id