Cegah Tindakan Kejahatan Jalanan, Polda Sumsel Lakukan Patroli Keliling

Cegah Tindakan Kejahatan Jalanan, Polda Sumsel Lakukan Patroli Keliling

Polisi Polda Sumsel saat melakukan Patroli Keliling. Foto : Abdus Salam/Palpos.Id--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Guna memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah tindakan kejahatan jalan.

Hal tersebut membuat Direktorat Samapta Polda Sumsel Rutin melakukan patroli dengan kendaraan roda dua menyisir wilayah hukum Polda Sumsel, Minggu (23/04/2023).

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo melalui Kabid Humas Kombes Pol Supriadi disampaikan Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty mengatakan, bahwa kegiatan patroli roda dua tersebut dilaksanakan secara rutin

BACA JUGA:Guna Keamanan, Ini Imbauan Pemkab OKI Bagi Masyarakat Naik Stempel

Diharapkan pihaknya dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat demi terwujudnya rasa aman dan nyaman.

“Ya semua kegiatan ini kita lakukan demi menjaga keamanan dan pelayanan terhadap masyarakat, kami selalu ada dimana-mana,” ungkapnya.

BACA JUGA:Gunakan Gambo Halal Bihalal ke Gubernur Sumsel, Gubenur Sumsel Puji Gambo Muba

Selanjutnya, setiap wilayah yang berbeda, patroli kendaraan roda dua ini selalu berhenti di setiap tempat ataupun adanya keramaian masyarakat untuk berdialog dan berinterkasi, guna menanyakan situasi kamtibmas di lingkungannya.

“Kami juga mengimbau kepada security ruko agar selalu memantau kendaraan kendaraan yang terparkir di area ruko guna mengantisipasi terjadinya upaya tindak pidana.

Seperti pencurian mobil atau motor dan pecah kaca mobil di malam hari atau siang hari dan segera mungkin melaporkan bila ada kejadian maupun hal - hal yang mencurigakan kepada Polsek terdekat,” Imbau Yenni.

Selain itu, Yenni menyampaikan, bahwa personil atau pihaknya yang bertugas Patroli tersebut guna penebalan operasi ketupat musi 2023.

Dan dikoordinir oleh Dit Samapta Polda Sumsel dibawah pimpinan Ipda Eddy Hamtasi dengan 12 Personel monitoring arus lalulintas timur bagian barat seputaran pangkalan balai kabupaten banyuasin. Guna cegah tindak pidana street Crime.

Selain itu pihaknya juga di lapangan mengedukasi para security - security Ruko yang dilewati serta perumahan yang sedang melaksanakan tugas agar berhati hati saat menjalankan tugas.

Dan selalu melakukan patroli keliling secara rutin untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas di sekitar perumahan tersebut dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

“Dengan sarana kendaraan roda dua Patroli Dit Samapta Polda Sumsel menggunakan sirene pada siang hari dapat mencegah timbulnya niat dari orang - orang yang akan melakukan tindak pidana.

Sehingga masyarakat dapat menikmati aktivitas dengan aman dan tenang, selanjutnya tujuan kegiatan untuk mencegah serta meminimalisir terjadinya tindak pidana curat dan curas ataupun kejahatan jalanan di wilayah hukum Polda Sumsel.

Kegiatan ini dalam rangka memberi rasa aman dan tertib kepada masyarakat serta sebagai wujud hadirnya Negara di tengah tengah masyarakat,” tegasnya.

Terpisah saat dimintai keterangan salah satu masyarakat Palembang Mang Toni menjelaskan, bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada petugas dari kepolisian dalam kegiatan patroli tersebut.

"Kami merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas kami berharap kegiatan patroli dengan ranmor ini hendaknya rutin digelar di seluruh wilayah hukum Polrestabes Palembang dan Polsek.

BACA JUGA:Dapat Remisi, 3 Napi Rutan Prabumulih Hirup Udara Bebas

Guna mencegah kejahatan jalanan seperti Begal yang pernah terjadi beberapa waktu lalu," ujarnya.

Selain itu dirinya juga mengatakan, bahwa dengan adanya patroli tersebut dapat mencegah tawuran dan balapan liar terutama sepanjang kawasan jalan kebun sayur dan wilayah simpang bandara.

Kami juga mengharapkan kehadiran petugas baik siang hari maupun malam hari," ujar warga masyarakat yang beralamat di Jalan Kebun Sayur Palembang ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: