Atasi Banjir di Jalan Pancur, Pemkab OKU Buat Sodetan Siring

Atasi Banjir di Jalan Pancur, Pemkab OKU Buat Sodetan Siring

Kadin PUPR OKU, Ulia Mahdi.--

BATURAJA, PALPOS.ID - Ada sedikit solusi guna mengatasi banjir yang menggenangi Jalan Pancur Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemetaan Ruang (PUPR) membangun sodetan siring menuju anak sungai untuk mengalirkan genangan air yang merendam puluhan rumah di kawasan tersebut.

Kepala Dinas PUPR OKU, Ir H Ulia Mahdi MM mengatakan, sodetan siring ini dibuat sepanjang 150 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar 2 meter.

BACA JUGA:Pendapatan Retribusi Pasar Baru Baturaja Merosot

Sodetan siring ini mengalihkan genangan air ke anak sungai terdekat sehingga genangan air dapat mengalir dan surut.

“Sejak Minggu (1/5/23) kita telah mengerahkan satu unit alat berat excavator untuk membuat sodetan siring ini, Insya Allah 5 hari selesai,” kata Ulia.

Untuk membuat sodetan siring ini, kata Ulia, pihak Pemkab OKU telah berkomunikasi dengan pemilik lahan, yang direspon secara positif oleh pemilik lahan dengan menghibahkan tanah yang akan dilalui siring tersebut.

BACA JUGA:Pengamat Tegaskan Jokowi Beri Sinyal Dukung Prabowo Calon Presiden Koalisi Kebangsaan...

“Sodetan siring ini hanya penanganan jangka pendek, untuk jangka panjangnya tetap kita akan buat siring permanen yang ke arah mulut goa tempat pembuangan dan jalur air selama ini, di cekungan tempat genangan air terdapat goa yang nanti akan kita bersihkan dan langsung mengalir ke sungai ogan sehingga masyarakat dapat terbebas dari banjir,” tuturnya.

Dengan adanya pembuatan sodetan siring ini kata Ulia, diharapkan dapat mengurai genangan air yang membanjiri pemukiman warga, serta menjadi langkah antisipai banjir kedepan. Sodetan siring ini menjadi jalur alternative air setelah jalur melalui goa.

“Insya Allah pengerjaan kita percepat paling tidak 5 hari selesai,” tandasnya.

BACA JUGA:Usai Mangkir, Lina Mukherjee tersangka Penistaan agama Makan Kriuk Babi Akhirnya Mendatangi Mapolda Sumsel

Terpisah Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah mengatakan, Pemkab OKU telah mengambil langkah cepat dalam penanganan banjir yang terjadi di dua titik kawasan rawan banjir yang terjadi akhir-akhir ini.

Dua kawasan itu disebutkan Teddy, Kelurahan Sekarjaya dan Kawasan jalan Pancur Desa Tanjung Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: