Otonomi Daerah Berjalan Memungkinkan Pengembangan Daerah Untuk Kesejahteraan Rakyat

Otonomi Daerah Berjalan Memungkinkan Pengembangan Daerah Untuk Kesejahteraan Rakyat

Peringatan HARDIKNAS tahun 2023 dihalaman kantor bupati Banyuasin -Foto : Son-PALPOS.ID

BANYUASIN, PALPOS.ID- Dengan tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul dan Peringatan Hari Pendidikan Nasional”. Pemerintah Kabupaten Banyuasin Gelar Upacara HARDIKNAS tahun 2023,  di lapangan Kantor Bupati Banyuasin.

Dihadiri langsung Wakil Bupati Banyuasin, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Forkompinda Banyuasin, Instansi Vertikal, Kepala OPD dan SKPD Banyuasin. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (2/5/23) tersebut, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH bertindak selaku pemimpin upacara.

H. Askolani Bupati Banyuasin dalam membacakan sambutan Mendikbud RI mengatakan, Selama 3 tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar kita, mulai dari ujung barat sampai timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang menjadi program dari Kemendikbud RI sejak dipimpin oleh Nadiem anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan tenang.

Tidak hanya itu aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri, para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan, sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan, ungkapnya..

Dilanjutkan Askolani, sesuai undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, otonomi daerah adalah hak, wewenang, kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus pemerintah dalam taraf kepentingan masyarakat. Oleh karen itu munculnya otonomi daerah ini merupakan suatu wujud eksistensi pemerintah daerah, untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Selain itu juga melalui otonomi daerah itu bertujuan sebagai proses kemandirian daerah, dan melalui digitasi yang dilakukan, atas koordinat garis batas terkoreksi luasan wilayah Kabupaten Banyuasin, semula 11.834,99 km2 menjadi 12.387,28 km2 atau 3 kali lebih dari luas wilayah kota Palembang yang luasnya hany 352.506 km2," ucap Bupati.

Artinya dengan semangat otonomi daerah yang masih terus berjalan maka masih sangat memungkinkan, untuk kita melakukan upaya pengembangan wilayah guna percepatan mewujudkan kesejahteraan rakyat, khususnya di Bumi Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin tercinta ini.

Untuk itu bersamaan dengan Dirgahayu hari otonomi daerah ke-27 pada tanggal 29 April 2023, otonomi daerah maju Indonesia unggul, dengan semangat otonomi daerah mari kita wujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera melalui 7  Program dan 12 Gerakan Bersama Masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin, Aminuddin, S.Pd.,S.IP.,M.SI mengatakan bahwa sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan merdeka belajar.

“Terkait guru honorer setiap tahun kami mengusulkan guru PPPK pada tahun 2023 mengusulkan 1.500 guru honorer. Untuk harapan ke depan untuk tenaga pendidik mari kita semarakkan bulan merdeka belajar, dimana hari pendidikan nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id