Profesor Pertama di Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Profesor Pertama di Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM, MT saat dikukuhkan menjadi Guru Besar di Unbara.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA, PALPOS. ID - Setelah dilakukan Pengukuhan, Prof Dr Ir Hj Hasmawaty AR, MM, MT resmi menyandang gelar jabatan sebagai Guru Besar Universitas BATURAJA dalam Bidang Ilmu Teknik Lingkungan, pada Fakultas Teknik dan Komputer.

Kegiatan Sidang Senat khusus Terbuka Pengukuhan Guru Besar Universitas BATURAJA dalam bidang Ilmu Teknik Lingkungan, pada Fakultas Teknik dan Komputer dilaksanakan di Gedung Kesenian BATURAJA, Kamis (04/05).

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas BATURAJA, Ir Hj Lindawati MZ, MT mengucapkan selamat kepada Prof Hasmawaty. “Beliau saat ini adalah sebagai Dosen Fakultas Teknik dan Komputer juga merupakan Profesor pertama di Fakultas Teknik dan Komputer Universitas BATURAJA dan juga Profesor pertama di Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam bidang Ilmu Teknik Lingkungan,” ceritanya.

BACA JUGA:Pernah Dipidana Masih Boleh Daftar Bacaleg, Asalkan Sesuai Ketentuan Ini!

Rektor Unbara menambahkan, Prof H Hasmawaty merupakan profesor ketiga yang pengukuhannya di Universitas Baturaja.  Sebelumnya ada Prof Isnawijayani, M.Si, Ph.D guru besar dalam bidang Ilmu Komunikasi, dan sekarang beliau bertugas menjadi dosen di Universitas Bina Darma Palembang dan juga Prof. Dr. Gribaldi, M.Si yang sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja sekaligus Ketua Senat Universitas Baturaja,.

Pengukuhan Prof. Dr. Ir. Hj. Hasmawaty AR, M.M., M.T sebagai Guru Besar bidang ilmu Teknik Lingkungan dengan orasi ilmiah “Pengelolaan Limbah Cair Terpadu Untuk Pengembangan Kawasan Industri Baru” ini kata Rektor Unbara, memunculkan optimisme bagi wilayah Kabupaten OKU untuk dapat meningkatkan sistem pengelolaan limbah cair industri untuk melindungi dari terputusnya siklus ekologi lahan dan rusaknya hutan.

BACA JUGA:Ditinggal Pensiun, 3 Posisi Strategis di OKU Dijabat PLT

Juga mendukung pelestarian sungai untuk menyelamatkan flora dan fauna di dalamnya, karena air sungai di Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten OKU sampai sekarang ini masih sangat diperlukan masyarakat untuk konsumsi sehari-hari.

Kajian Ilmu Teknik Lingkungan ini juga bisa dijadikan magnet dan kiblat kajian Ilmu Teknik Lingkungan yang lebih berkualitas di wilayah Kabupaten OKU dan sekitarnya.

“Kita semua menyambut gembira atas orasi ilmiah pengukuhan tersebut sebagai salah satu peristiwa penting bidang akademik di Universitas Baturaja. Orasi ilmiah pengukuhan merupakan salah satu barometer kemajuan profesionalitas kegiatan akademik di perguruan tinggi. Orasi ilmiah pengukuhan guru besar yang digelar dengan acara khusus Rapat Senat Terbuka juga merupakan promosi bagi Universitas dan bagi guru besar yang menyampaikan pidato Orasi ilmiah pengukuhan,” ujarnya.

Universitas Baturaja terus tumbuh dan berkembang menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang terbaik di wilayah Ogan Komering Ulu dan telah melahirkan 10.899 alumni.

“Pada saat ini terdapat 5 Fakultas di Unbara, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Komputer, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dari 5 fakultas tersebut terdapat 14 Program Studi Strata 1. Unbara juga memiliki Program Pasca Sarjana dengan 2 Prodi yaitu program studi Magister Ekonomi Pertanian, dan program studi Magister Manajemen, ” jelasnya.

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Canangkan Tonggak Pembangunan Muba 20 Tahun ke Depan

Adapun Sumber daya Manusia di Universitas Baturaja juga mengalami peningkatan, saat ini Jumlah dosen berpendidikan S3 ada 12 orang, dan dosen berpendidikan S2 ada 138 orang. Untuk jabatan fungsional Asisten Ahli ada 63 dosen, Lektor 71 dosen, dan Lektor kepala 3 dosen, dan 2 orang Profesor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: