147 Bacakades Jalani Tes Kesehatan di RSUD Kayuagung

147 Bacakades Jalani Tes Kesehatan di RSUD Kayuagung

Para bakal calon kepala desa di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir saat mengikuti tes kesehatan di RSUD Kayuagung, Selasa, 9 Mei 2023.Foto:Diansyah/Palpos.Id--

KAYUAGUNG, PALPOS. ID - Sebanyak 147 Bakal Calon Kades atau Bacakades di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI menjalani tes kesehatan di RSUD Kayuagung, Selasa, 9 Mei 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD OKI, Ari Mulawarman melalui Kabid Pemdes dan Kelembagaan, Rudi Kurniawan mengatakan, tes kesehatan ialah salah satu syarat untuk dinyatakan lulus sebagai calon kades.

"Selain tes kesehatan, pada hari ini juga para bacakedes mengikuti tes bebas narkoba di Badan Nasional Narkotika Kabupaten OKI. Dimana pengumuman lulus tidaknya pada tanggal 16 Mei nanti,"ungkapnya.

BACA JUGA:Bikin Geger, Warga Temukan Potongan Tubuh Sapi Berserakan Di Tengah Kebun

Dikonfirmasi terpisah, Humas RSUD Kayuagung, Renny Qurniati SKep menjelaskan, dalam menjalani tes kesehatan para Bacakades di periksa kesehatan luar maupun dalam.

"Kesehatan luar itu seperti tensi darah, gigi, mulut dan pemeriksaan fisik. Sedangkan pemeriksaan dalam seperti rekam jantung, rongsen, laboratorium dan lain-lain," ujarnya.

BACA JUGA:Muba Ikuti Audiensi Penerapan Sistem Merit Manajemen ASN

Ia menambahkan, setiap Bacakades memang harus mengikuti tes kesehatan. Namun menurutnya, pihak RSUD Kayuagung hanya sebatas melaksanakan pemeriksaan, sedangkan yang berhak memutuskan lulus tidaknya ialah DPMD OKI.

BACA JUGA:26 Juni OKI Menggelar Pilkades Serentak, Berlangsung di 56 Desa

"Untuk tes kesehatan jni berlangsung selama dua hari yakni hari ini dan besok. Di mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Tetapi karena banyak kita tunggu sampai pukul setengah 5 sore," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: