PKS OKU Jadi Parpol Pertama Serahkan Berkas Ke KPU

PKS OKU Jadi Parpol Pertama Serahkan Berkas Ke KPU

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Hingga hari ke-11 masa pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupatan Ogan Komering Ulu, ternyata baru satu partai yang menyerahkan berkas. Yakni Partai Keadilan Sejahtera.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU, Naning Wijaya mengatakan sejak pembukaan pendaftaran 1 Mei 2023, baru satu partai yang menyerahkan berkas, yaitu PKS.
“Baru satu partai. PKS,” ujar Naning Wijaya, Kamis (11/5).

Masa pendaftaran Bacaleg kata Naning dari tanggal 1 hingga 14 Mei 2023. KPU OKU setiap hari memberikan waktu  dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Khusus hari terakhir pada 14 Mei 2023, dari pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.

Untuk pemberkasan fisik atau hard copy yang diserahkan ke sekretariat KPU OKU, lanjut Naning, adalah surat permohonan partai yang bersangkutan, daftar Bacaleg 2024 dan surat persetujuan dari pengurus pusat (DPP) partai masing-masing.

Selain itu, tidak ada berkas fisik yang diserahkan lagi ke KPU. Berkas persyaratang lainnya diupload (unggah) ke aplikasi Silon (Sistem Informasi Pencalonan) oleh partai masing-masing. “Jadi kita (KPU) cukup mengecek aplikasi silon untuk mengetahui benar tidaknya berkas yang diunggah,” kata Naning.

Setelah semua lengkap, baru KPU mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS). Dari pengumuman DCS ada waktu hingga September 2023. Yakni masa sanggah atau uji publik terkait dengan pengajuan Caleg masing-masing partai. Masyarakat bisa menyampaikan laporan terkait Caleg yang bermasalah.

Misalnya, terkait syarat administrasi seperti dugaan penggunaan ijazah palsu. Kemudian, misalnya ada dugaan nama Caleg yang ada di DCS diduga pernah menjalani hukuman dan oleh pengadilan dan hak politiknya dicabut. Dan hal-hal lain terkait dugaan yang membuat cacat bagi sang Caleg.

“Masyarakat bisa menyampaikan laporan ke KPU dan dilengkapi dengan bukti-bukti terkait yang menjadi persoalan bagi sang Caleg,” ujar Naning. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: