830 Peserta Semarak Bulan Merdeka Belajar

830 Peserta Semarak Bulan Merdeka Belajar

Rektor Univesitas Sriwijaya bersama jajarannya, semarakan Bulan Merdeka Belajar dengan menggelar jalan sehat sekaligus melaunching Dies Ke 63. Foto ist--

Palembang, Palpos.ID - Sebanyak 830 peserta terdiri dari 600 peserta berasal dari civitas akademika Unsri dan 230 peserta berasal dari luar Unsri yaitu dari L2Dikti Wilayah II, BPMP, Balai Guru Penggerak, Balai Bahasa dan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI.

Turut memeriahkan semarak Bulan Merdeka Belajar sekaligus melaunching Dies ke- 63 Universitas Sriwijaya (Unsri).

Kegiatan jalan sehat yang berlangsung pada 14 Mei 2023, tampak antusiasdiikuti perserta yang semuanya menggunakan kaos merdeka belajar berwarna hitam dan putih serta menggunakan stiker dan twibon di whatshap dan media sosial masing-masing. 

BACA JUGA:Balai Bahasa Sumatera Selatan Gelar Taklimat Revitalisasi Bahasa Daerah, Ternyata Ini Tujuannya...

Menurut laporan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Iwan Stia Budi, SKM. M.Kes, kegiatan ini disemarakkan dengan penampilan mahasiswa Unsri yang berasal dari Papua, Testimoni tentang MBKM dari mahasiswa Unsri dan Kepala Sekolah, penampilan Belisario dari Ormawa Unsri, dan penampilan lagu Batang Hari Sembilan dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI, serta pembagian Doorprize.

“Kami laporkan juga bahwa Universitas Sriwijaya sangat mendukung adanya MBKM, baik MBKM yang sifatnya flagship maupun sifatnya mandiri,” jelasnya.

Selain itu, untuk pertukaran mahasiswa merdeka tahun 2022 inbound sebanyak 197 dan outbound 110 mahasiswa, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) diikuti 297 mahasiswa. 

BACA JUGA:Cek pip.kemdikbud.go.id Melalui Online, Siswa SD SMP SMA dan SMK Dapat Rp1 Juta

Adapun kegiatan social yang juga mereka terapkan dan sudah berlangsung berupa proyek kemanusiaan bantuan bagi masyarakat Desa Sungsang, Banyuasin (kebakaran), banjir Lahat, donor darah, Desa Binaan yang dikelola LPPM/Fakultas. “Lalu studi dan proyek independen pengiriman mahasiswa mengikuti ajang lomba nasional dan internasional, serta program wirausaha mahasiswa,” Ujar Wakil Rektor III.

Rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. ASEAN Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan intruksi Mendikbudristek agar menyemarakkan program nasional bulan merdeka belajar dan hari ini Unsri bergabung dengan beberapa instansi pemerintah baik Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Kota.

“Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat Nya hingga hari ini kita berkumpul bersama dalam rangka hari merdeka belajar yang kita connect kan juga dengan launching Dies Universitas Sriwijaya yang ke 63, yang puncaknya nanti pada tanggal 3 November 2023 mendatang,” terang Anis.

BACA JUGA:Siswa Penerima Bansos PIP Kemdikbud Belum Miliki SimPel, Ini Dokumen Harus Dilengkapi Saat Aktivasi Rekening..

Sesuai dengan perkembangan zaman,  tambanya, memang Unsri mengikuti perkembangan tersebut, kita pembangunan dimana-mana, proses pendidikan sudah sangat bagus tidak bertele-tele seperti masa lalu, kita mengikuti MBKM dan yang dicatat oleh kementerian termasuk 10 besar penyelenggara MBKM yang terbaik.

“Mudah mudahan ini akan meningkat terus dan kedepan kita ingin nomor satu karena sumberdaya kita bagus-bagus dan kita banyak anak-anak yang ikut program ini,” tutur Anis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: