Ribuan Ton Beras Petani di OKU Timur Diserap Bulog

Ribuan Ton Beras Petani di OKU Timur Diserap Bulog

Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon.Foto:Eco/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Sebanyak 3.000 ton beras petani di Kabupaten OKU Timur sejak awal Maret 2023 berhasil diserap oleh Perum Bulog Kabupaten OKU.

Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon, Selasa (30/5) menjelaskan, penyerapan beras petani di OKU Timur itu dilakukan pihaknya saat panen raya pada Maret hingga Juni 2023.

Menurut dia, pihaknya sendiri sebenarnya melakukan penyerapan beras petani di tiga kabupaten, yakni OKU Induk, OKU Timur dan OKU Selatan.

BACA JUGA:Lestarikan Bahasa Daerah, Ini yang Dilakukan Disdik OKU

Namun serapan terbanyak berada di Kabupaten OKU Timur mengingat daerah itu merupakan lumbung pangan nasional di Sumatera Selatan.

Pihaknya sendiri kata Kabulog, menargetkan mampu menyerap 70 persen beras petani di OKU Timur. "Total hasil panen di OKU Timur adalah 30 ribu ton pertahun. Kita targetkan 70 persennya mampu kita serap," tegasnya.

Sementara mengenai Harga Pembelian (HP) di tingkat petani, setelah adanya pencabutan batas atas penetapam jarga beras di gudang bulog dari Badan Pengan Nasional, maka akan ada penyesuaian dimana untuk harga beras premium mengalami kenaikan 20 persen.

BACA JUGA:6 Janji Allah Bagi Orang Yang Rajin Istighfar

BACA JUGA: Terpantau Tim Udara Karhutbunlah, Mantan Kades di Muba diamankan

"Terhitung 11 Marer 2023, BPN menetapkan harga Gabah Kering Panen di tingkat petani sebesar Rp5.000 perkg, sedangkan Gabah Kering Giling di tingkat penggilingan Rp6.200 perkg dan untuk beras Rp9.950 perkg," ungkapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: