Generasi Muda Berperan dan Berprestasi dalam Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan dan Teknologi

Generasi Muda Berperan dan Berprestasi dalam Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan dan Teknologi

--

Oleh : Muhamad Afdoli Ramadoni, M.Sos

SETIAP tanggal 1 Juni Bangsa Indonesia menetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila karena bertepatan dengan pidato yang di sampaikan oleh Ir. Soekarno berjudul  “Merdeka”. 

Pancasila lahir karena gagasan Bung Karno yang kemudian dimatangkan oleh BPUKI melalui panitia sembilan terdiri dari Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikusno Tjokrosujoso, Abdulkahar Muzakir, HA Salim, Achmad Soebardjo dan Muhammad Yamin. 

Pancasila disuarakan oleh para pendiri bangsa Indonesia, agar bangsa mempunyai sebuah pondasi yang kuat dalam bernegara. 

BACA JUGA:Prinsip-prinsip Tarif Air dan Konsekuensi Tarif Murah

Kata Pancasila sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari kata “Panca” artinya lima dan “syla” artinya batu sendi.

Pancasila berarti berbatu sendiri lima atau memilki lima unsur, yaitu: Ketuhanan (Religiusitas), Kemanusiaan (Moralitas), Persatuan Indonesia (Kebangsaan), Permusyawaratan dan Perwakilan, dan Keadilan Sosial.

Pancasila yang merupakan dasar Negara Republik Indonesia memiliki makna dan nilai-nilai yang berhubungan secara erat satu sama lain, tidak bisa dipisahkan dan ini merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh (organis whole).

Dilansir surat edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, tema Hari Lahir Pancasila di tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. 

BACA JUGA:G20: Narasi Budaya Wisata dan Pesona Indonesia

Dari tema tersebut sebagai pemuda generasi bangsa sudah selayaknya pemuda mengambil peran dan melakukan perubahan dalam kehidupan berbangsa.

Pada hakikatnya, pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan insan-insanya, supaya bisa menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berkompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi

Pemuda merupakan pewaris generasi yang memiliki tingkah laku baik, berjiwa membangun, cintah tanah air, dan memiliki visi dan tujuan postif. 

Sudah seharusnya sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menerapkan nilai-nlai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, juga menghargai jasa dari pahlawan yang sudah berhasil merumuskan dasar negara sebagai pedoman hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: