Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawas Orang Asing

Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawas Orang Asing

Kemenkumham Sumsel gelar rapat koordinasi Tim pengawasa orang asing-Foto : Istimewa-

MUARAENIM,PALPOS.ID - Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus, Senin (3/10/2023) mengatakan untuk tingkatkan sinergi dalam pengawasan orang asing di Sumsel, pihaknya telah menggelar Rapat Koordinasi TimPengawasa orang asing (TIM Pora) tingkat Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Pali di Hotel Griya Sinteras Muara Enim pada Jumat (16 Juni 2023) kemarin.

Rapat Timpora kali ini bertemakan ‘Tema Pengawasan orang asing dan Penjamin pada Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim,’ Rakor Tim PORA kali ini dihadiri oleh Herawati selaku Kepala DInas Ketenagrakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Muara Enim yang dalam hal ini mewakili Plt.

Bupati Muara Enim, Herdaus selaku Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Muhammad Novriandi selaku Kabid Inteldakim, Junior Marerep Sigalingging selaku Kabid Zinfokim, Misnan selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, dan Machmudi selaku Kepala Seksi Inteldakim serta 27 peserta undangan yang terdiri dari 11 Instansi anggota Tim PORA Kabupaten PALI, 16 Instansi anggota TIM PORA Kabupaten Muara Enim I.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pelayanan Bantuan Hukum, Kemenkumham Sumsel Lakukan Asistensi dengan 13 OBH

Dalam sambutnya, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus mengajak seluruh anggota Tim PORA Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI untuk dapat bersinergi dalam hal pengawasan orang asing berdasarkan tugas dan fungsi masing- masing instansi serta menyampaikan bahwa Tim PORA merupakan suatu wadah untuk dapat saling tukar menukar informasi terkait antar instasi dan berkolaborasi dalam hal pengawasan orang asing.

“Instansi dalam anggota Tim PORA juga harus jeli dalam bertindak tidak hanya lugas dan tegas namun juga mengedepankan aspek humanis dalam menyikapi permasalahan orang asing jika terjadi dikemudian hari,” kata herdaus.

Selanjutnya, Herawati selaku Kadisnakertrans Kabupaten Muara Enim yang dalam hal ini mewakili Plt Bupati Muara Enim mengatakan kegiatan ini sangat penting, menurutnya kegiatan ini merupakan wujud peningkatan pengawasan orang asing yang jika dilaksanakan dnegan baik dapat meningkatkan sinergitas kepada masing- masing intansi dalam hal pengawasan orang asing.

BACA JUGA:Lapas Perempuan Kemenkumham Sumsel Berikan Pelatihan Menjahit Bersertifikat kepada Warga Binaan

Herawati juga menyampaikan bahwa banyak perusahaan yang menjadi penjamin TKA di Muara Enim, maka dari itu diperlukan adanya pendamping TKA yang mana telah membawa dampak positif dari segi pendapat daerah yaitu meningaktkan pendapat daerah berupa PNBP ke kas negara berupa retribusi TKA berdasarkan RPTKA.

Ditempat yang berbeda Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengapresiasi jalannya Rapat Koordinasi Tim PORA tingkat Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI hari ini, diharapkan Rapat Koordinasi Tim PORA dapat mendukung iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Pali.

Menurut Ilham dengan sinergi yang baik diharapkan kinerja Tim PORA meningkat, sehingga pengawasan orang asing di Kabupaten Muara Enim dan  PALI berjalan sesuai ketentuan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: