9 Manfaat Buah Pir Yang Wajib Kamu Ketahui

9 Manfaat Buah Pir Yang Wajib Kamu Ketahui

Buah Pir yang kaya manfaat.-Foto: Yati-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Pir merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara, Pir dengan nama ilmiahnya Pyrus memiliki beberapa varian. 

Di Indonesia yang paling banyak dan mudah didapati buah pir kuning dan buah pir hijau, kedua varian pir ini termasuk pir favorit di Indonesia. 

Buah pir mengandung banyak air, buah pir sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas, baik dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan dan minuman seperti salad buah, rujak buah, ataupun es buah. 

BACA JUGA:Perempuan Harus Simak! Ini Bahaya Vape Bila Kamu Gunakan...

Buah pir memiliki rasa yang manis dan enak dikonsumsi. Bukan hanya rasanya yang manis, buah pir juga memiliki manfaat yang manis untuk kesehatan. 

Buah pir sangat cocok bila direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan alias diet, karena buah pir termasuk buah yang rendah kalori. 

Meski rendah kalori, buah pir mengandung nutrisi yang lengkap. Mulai dari vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K. Selain itu buah pir juga mengandung  potasium, senyawa fenolik, asam folat, serat, juga magnesium.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Kiwi, Salah Satunya Menjaga Keremajaan Kulit

Beragam nutrisi yang terkandung dalam buah pir itulah yang membuat buah seperti bentuk jambu dan apel ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Berdasarkan sejumlah referensi yang dikumpulkan palpos.id beberapa manfaat buah pir antara lain:

1. Melancarkan Pencernaan

BACA JUGA:Ngeri! Stres Bisa Sebabkan Eksim Muncul pada Kulit Loh, Ini 5 Tips Alami Agar Keindahan Kulitmu Tetap Terjaga

Buah pir mengandung serat dan juga kaya zat pektin.  Dengan mengonsumsi buah pir, kamu bisa memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh mu.

Asupan serat plus pektin yang cukup dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan dapat mencegah sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: