Daun Sugi Untuk Mengobati Paru-Paru, Begini Caranya ....

Daun Sugi Untuk Mengobati Paru-Paru, Begini Caranya ....

Daun Suji ternyata bukan sekedar pewarna alami, tapi bisa dimanfaatkan untuk mengobati paru-paru-Foto: Maryati-Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/146/daun">Daun sugi atau sering juga disebut pandan sugi, merupakan tumbuh perdu tahunan.

PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/146/daun">Daun Suji biasa digunakan sebagai pewarna hijau alami yang digunakan untuk pewarna makanan, seperti pembuatan aneka macam PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/451/kue">kue.

Berbeda dengan pandan wangi, Meski sama-sama digunakan sebagai pewarna hijau pada bahan makanan,PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/146/daun">Daun Suji tidak mengeluarkan aroma wangi seperti pada pandan wangi.

BACA JUGA:Ajaib! Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Daun Suji punya nama ilmiah Dracaena agustifolia. Tumbuhan ini masih satu family dengan Asparagaceae.

Daun Suji mengandung zat klorofil, alkaloid, flavonoid, Tanin, terpenoeid, Saponin, polifenol, asam amino esensial serta vitamin C.

Kandungan senyawa aktif dalam daun Suji, membuat daun dengan ujung runcing ini bersifat antioksidan, a tii flamasi, antibakteri juga anti jamur.

BACA JUGA:BAHAYA! Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Makan Mie Instan dan Nasi Secara Bersamaan

Kandungan zat-zat tersebut membuat daun Suji kaya akan manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan imunitas, meningkatkan nafsu makan, meresahkan nyeri menstruasi, menurunkan kolesterol, mengobati disentri, menghilangkan batuk berdarah, melancarkan pencernaan termasuk juga melancarkan pencernaan.

Selain itu daun Suji ternyata mampu mengatasi sesak nafas, batuk karena asma, juga menunjang kesehatan paru-paru.

Manfaat tersebut diduga karena kandungan flavonoid di dalam daun Suji.

BACA JUGA:Jabung atau Sintrong Tumbuhan Liar untuk Kesehatan Kulit

Nah untuk mengobati dan mengatasi masalah paru-paru, kamu terlebih dahulu harus mengolahnya secara khusus bukan dicampurkan ke makanan seperti kue.

Caranya ambil 9 lembar daun/pandan Suji, pilih pucuknya yang masih mudah bersih dan tidak cacat.

Kemudian cuci bersih. Setelah selesai dicuci daun Suji masukan ke dalam panci. Lalu rebus daun Suji dengan 2 gelas air dan api keci.

Setelah mendidih dan air rebusan daun Suji susah menyusut kira-kira hanya tinggal satu gelas lagi, padamkan kompor.

Angkat dan saring daun Suji. Biarkan hingga air rebusan daun Suji ini hingga air berubah hangat-hangat kuku.

Minumamlah air rebusan daun Suji ini kemudian konsultasi ke dokter untuk mengetahui perkembangan sebelum dan sesudah meminum air rebusan daun Suji.

Cara serupa juga dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan lain dari daun suji.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terimakasih. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: