2 Kota dan 4 Kabupaten Gabung Provinsi Samudra Pase Pemekaran Provinsi Aceh

2 Kota dan 4 Kabupaten Gabung Provinsi Samudra Pase Pemekaran Provinsi Aceh

2 Kota dan 4 Kabupaten Gabung Provinsi Samudra Pase Pemekaran Provinsi Aceh, dengan ibukota Provinsi Samudra Pase di Kota Lhokseumawe.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANDA ACEH, PALPOS.ID – Selain usulan Provinsi Aceh Leuser Antara dan Provinsi Aceh Barat Selatan, ada satu usulan provinsi baru pemekaran Provinsi Aceh.

Dan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah Provinsi Aceh ini yakni dengan membentuk Provinsi Samudra Pase, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Bahkan, 2 kota dan 4 kabupaten gabung Provinsi Samudra Pase pemekaran Provinsi Aceh. Bahkan, rencananya ibukota Provinsi Samudra Pase yakni Kota Lhokseumawe.

Selain Kota Lhokseumawe ada satu kota lagi yakni Kota Langsa. Kemudian 4 kabupaten lainnya Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang.

BACA JUGA:Pemekaran Aceh, Provinsi Aceh Barat Selatan 6 Kabupaten Siap Gabung, Kabupaten Ini Calon Ibukotanya..

BACA JUGA:Profil Kota dan 5 Kabupaten Calon Provinsi Aceh Leuser Antara Pemekaran Provinsi Aceh

Luas wilayah Provinsi Samudra Pase nantinya 13.824 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 1.516.516 jiwa.

Selain Provinsi Aceh Lauser Antara, Provinsi baru lainnya yang diusulkan pada pemekaran Provinsi Nangroe Aceh Darussalam adalah Provinsi Aceh Barat Selatan atau ABAS.

Jika Provinsi Aceh Lauser Antara akan ada 5 kabupaten dan 1 kota yang bergabung dengan daerah otonomi baru Provinsi Aceh Lauser Antara, maka pada Provinsi Aceh Barat Selatan akan ada 6 kabupaten yang siap bergabung.

Yakni Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Nagan Raya.

BACA JUGA:Pemekaran Aceh, Kota Subulussalam Diusulkan Jadi Ibukota Provinsi Aceh Lauser Antara

BACA JUGA:Usulan 2 Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Aceh Dinilai Langgar Kesepakatan Damai GAM dan RI

Untuk luas wilayah calon Provinsi Aceh Barat Selatan alias Abas 17.480 kilometer persegi. Atau sekitar 30.5 persen dari luas wilayah provinsi Aceh.

Untuk ibukotanya, rencananya diusulkan Kabupaten Aceh Barat sebagai ibukota Provinsi Aceh Barat Selatan, jika pemekaran disetujui nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: