Wortel Bukan Hanya Menjaga Kesehatan Mata, Tapi Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan Loh

Wortel Bukan Hanya Menjaga Kesehatan Mata, Tapi Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan Loh

Wortel ternyata bukan hanya menjaga kesehatan mata, tapi bisa untuk menurunkan berat badan.--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Wortel merupakan sayuran yang sudah familier bagi hampir semua masyarakat Indonesia.  

Itu karena wortel mudah didapati dan harganya relatif terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, selain itu wortel dikenal kaya akan nutrisi.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam wortel diantaranya, energi, protein, serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, zinc. 

Wortel juga memiliki kandungan antioksidan tinggi  seperti beta karoten, alfa karoten, lutein. Wortel jugaenganung beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C.

Kandungan zat gizi atau nutrisi dalam wortel inilah yang membuat Wortel kemudian dikenal kaya akan manfaat untuk kesehatan. 

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Mint, Ternyata Bisa Mengurangi Gejala Pilek, Cocok Dimusim Hujan Seperti Sekarang!

Beberapa manfaat wortel diantaranya : 

1. Menjaga kesehatan mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Karena itu wortel dipercaya dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah pada mata seperti glaukoma, katara, kelainan penglihatan baik itu karena mata minus, rabun dekat ataupun astigmatisme.

Sel-sel mata juga tidak luput dari radikal bebas radikal bebas yakni molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel.  Untungnya antioksidan berupa karoten dan lutein pada wortel bisa membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor ini.

2. Menurunkan risiko kanker

Wortel mengandung antioksidan tinggi seperti karoten dan likopen.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam the American journal of clinical nutrition antioksidan ini mungkin dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker darah atau leukimia.

BACA JUGA:Meski Dianggap Ampuh Sembuhkan Masuk Angin, Ternyata Kerokan Juga Punya Efek Negatif Loh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: