Pulau Baru di Provinsi Aceh, Miftachuddin Cut Adek: Terbentuk Akibat Gempa Tahun 2004

Pulau Baru di Provinsi Aceh, Miftachuddin Cut Adek: Terbentuk Akibat Gempa Tahun 2004

Pulau Baru di Aceh, Wasekjen Panglima Laot atau Lembaga Adat Nelayan di Aceh Miftachuddin Cut Adek: Terbentuk Akibat Gempa Tahun 2004.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANDA ACEH, PALPOS.ID – Adanya pulau baru di kawasan Aceh Barat atau Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh akibat gempa 9.3 skala richter atau SR pada tanggal 26 Desember 2004, dan 7 April 2010.

Demikian ditegaskan Wasekjen Panglima Laot atau Lembaga Adat Nelayan di Aceh Miftachuddin Cut Adek kepada wartawan beberapa waktu yang lalu. 

Pulau Baru dimaksud Pulau Gosong Gulawan yang berarti Pulau Karang Emas. ‘’Dimana, pulau itu memiliki diameter 30 meter dan tinggi 8 meter,” tegas Miftachuddin Cut Adek.

Ditambahkan Miftachuddin Cut Adek, dua kali gempa itulah yang membentuk pulau baru tersebut. ‘’Tidak ada pulau baru lain selain akibat dua kali gempa tersebut,” tambahnya.

BACA JUGA:10 Kota Paling Kaya di Pulau Sumatera, Juaranya Pasti Sudah Tahu, Apakah Kota Palembang Termasuk?

BACA JUGA:Ada 22 Pulau di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, di Sini Lokasi Hilangnya 2 Pulau

Kabar baik datang bagi Indonesia karena baru saja mendapatkan pulau baru yang terletak di wilayah Aceh Barat.

Pulau baru ini memiliki luas yang luar biasa, mencapai 2000 kali dari luas pulau Sipadan dan Ligitan yang sebelumnya diambil oleh Malaysia.

Pengumuman resmi ini telah diberikan oleh pemerintah Indonesia, dan pulau ini diharapkan akan menjadi sumber potensi ekonomi dan lingkungan yang besar bagi negara ini.

Pulau baru ini merupakan hasil dari survei dan pemetaan terbaru yang dilakukan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Indonesia.

BACA JUGA:Pulau-pulau di Indonesia yang Lenyap dari Peta, 2 di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Kota Gunungsitoli Pintu Gerbang Wisata Calon Provinsi Kepulauan Nias Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Berdasarkan data dari survei tersebut, pulau baru ini ditemukan di perairan di sebelah utara Pulau Simeulue, di Kabupaten Aceh Barat.

Luas pulau ini diperkirakan mencapai ribuan hektar, menjadikannya pulau yang sangat besar dan berpotensi memiliki berbagai kekayaan alam yang beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: