Kota Gunungsitoli Pintu Gerbang Wisata Calon Provinsi Kepulauan Nias Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Kota Gunungsitoli Pintu Gerbang Wisata Calon Provinsi Kepulauan Nias Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara Menuju Era Baru: 5 Provinsi Baru Bakal Terbentuk.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

GUNUNGSITOLI, PALPOS.ID – Ternyata Kota Gunungsitoli pintu gerbang wisata calon Provinsi Kepulauan Nias pemekaran Provinsi Sumatera Utara.

Kok bisa?. Sebab, di Kota Gunungsitoli banyak objek wisata menarik, termasuk wisata sejarah. Diantaranya ada Gua Togi Ndrawa di Desa Lelewonu Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli.

Kemudian ada Muara Indah di Muara Sungai tak jauh dari Pantai Charlita. Selanjutnya, Museum Pusaka Nias di Jalan Yos Sudarso Kota Gunungsitoli, serta Taman Ya’ahowu di Jalan Lagundri.

Terakhir, ada Rumah Adat Desa Tumori yang berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Binaka Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias Demi Keutuhan NKRI

BACA JUGA:Batas Wilayah Kota Gunungsitoli Calon Ibukota Provinsi Kepulauan Nias Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara terus hangat diperbincangkan. Apalagi Provinsi beribukota di Kota Medan itu bakal bentuk 5 provinsi baru.

Salahsatu calon provinsi DOB itu yakni Provinsi Kepulauan Nias. Dan ini juga ramai dibicarakan, karena 4 kabupaten di calon Provinsi Kepulauan Nias semuanya masuk daerah tertinggal.

Selain karena geografis dan latar belakang budaya, pembentukan Provinsi Kepulauan Nias bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Ada 1 kota dan 4 kabupaten bakal bergabung dengan Provinsi Kepulauan Nias, hingga mencukupi syarat pembentukan provinsi baru. Kota dimaksud yakni Kota Gunungsitoli.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara, HIMNI Dukung Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias

BACA JUGA:Kota Gunungsitoli Calon Ibukota Provinsi Kepulauan Nias Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Sementara 4 kabupaten tergabung yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Barat. Ibukota Provinsi Kepulauan Nias berada di Kota Gunungsitoli.

Setelah memisahkan diri dari Provinsi induk yaitu Provinsi Sumatera Utara, maka Provinsi Kepulauan Nias akan memiliki luas wilayah 5.620 kilometer persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: