WASPADA! ISPA dan Diare Mengancam Saat Cuaca Ekstrem

WASPADA! ISPA dan Diare Mengancam Saat Cuaca Ekstrem

Salah satu anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Zulkhair Ali.--PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID - Terkait perubahan cuaca yang sedang ekstrem saat ini, tentu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit beberapa diantaranya ISPA dan diare.

Dalam hal ini, masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh asap kebakaran dan cuaca ekstrem tersebut.

“Iya benar, karena efeknya jika masuk ke paru-paru akan menimbulkan penyakit ISPA dan diare jadi masyarakat harus waspada,” ujar Salah seorang anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Zulkhair Ali kepada Palpos.id, Selasa (22/8/2023).

 BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Dinkes OKI Imbau Ada Sejumlah Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Ia menjelaskan penyakit tersebut diakibatkan cuaca yang terik dan polusi udara karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Sekarang lagi banyak kebakaran lahan otomatis akan banyak asap yang terbawa angin, itu yang menyebabkan polusi dan menimbulkan penykit,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk menghindari agar tidak terkena penyakit ispa ataupun diare yang disebabkan cuaca ekstrem ini kurangi aktiifitas di luar ruangan yang langsung terkena udara terbuka.

 BACA JUGA:Kemendagri: Kota Palembang Dapat Kendalikan Inflasi, Harga Kebutuhan Masih di Bawah HET

“Untuk pencegahan, kurangi udara terbuka dan jika keluar rumah gunakanlah masker,” katanya.

Selain itu, ia mengimbau agar menjaga makanan yang akan di konsumsi dari luar agar tidak terkena diare.

“Untuk itu, para orang tua khususnya agar tidak asal-asalan membeli maknan dari luar. Harus tahu kebersihannya karena ditakutkan akan menyebabkan diare terutama pada anak-anak,” kata dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: